Ramadan 2022

Diprediksi Ramai Saat Libur Lebaran, Objek Wisata Di Semarang Mulai Bersiap Sambut Wisatawan

Para pengelola objek wisata di Kota Semarang memprediksi jumlah kunjungan wisata melonjak pada libur Lebaran 2022.

TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Ketua TP PKK Kota Semarang bersama Disbudpar Kota Semarang mengunjungi Semarang Zoo beberapa waktu lalu untuk memberi makan hewan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Para pengelola objek wisata di Kota Semarang memprediksi jumlah kunjungan wisata melonjak pada libur Lebaran 2022.

Hal itu mengingat adanya kebijakan mudik Lebaran dari pemerintqh pusat. Ini menjadi sinyal yang menggembirakan bagi sektor wisata. Sejumlah objek wisata pun mulai bersiap menyambut para wisatawan. 

Direktur Semarang Zoo, Choirul Awaludin mengatakan, kebijakan diperbolehkannya mudik Lebaran akan sangat berpengaruh terhadap dunia pariwisata.

Dia belum dapat memperediksi barapa peningkatan pengunjung pada libur Lebaran nanti. Namun, berkaca pada tahun lalu, jumlah pengunjung saat libur Lebaran mencapai 9.000 wisatawan dalam satu hari.

Semarang Zoo pun sedang berbenah untuk menyabut lebaran nanti agar tidak terjadi lonjakan Covid-19. 

Pihaknya tengah menyiapkan jalur-jalur di area wisata agar tidak sampai terjadi kerumunan. Menurutnya, Semarang Zoo merupakan konsep wisata terbuka yang bisa menampung hingga kapasitas 25 ribu - 30 ribu pengunjung.

Namun, tidak mungkin dalam satu waktu ada 30 ribu orang di satu titik, melainkan ada sirkulasi pulang dan pergi. 

"Ini baru kami pikirkan dikasih jangka waktu berapa jam kunjungan. Kami masih menghitung yang masuk berapa, keluar berapa, yang di dalam berapa, baru kami siapkan, termasuk pembentukan satgas Covid-19," terang Awal, sapaannya, Rabu (6/4/2022). 

Kemudian, manajemen juga akan mencoba memecah keramaian pengunjung dengan membagi beberapa kegiatan tidak di satu titik. Misalnya, hiburan musik berada di area depan.

Semarang Zoo juga tengah menyiapkan animal show atau pertunjukan binatang untuk hiburan libur Lebaran. Animal show akan digelar di gedung area belakang agar keramaian tidak hanya di area depan. 

"Kami rencana membuka animal show selama libur lebaran. Kami akan buka untuk umum. Ini sedang proses sudah 90 persen. Insyaallah lebaran akan 100 persen kami sajikan untuk pengunjung. Ada atraksi gajah, burung elang, kucing, anjing, kakak tua, dan binatang lainnya," sebutnya. 

Saat ini, Semarang sudah masuk PPKM Level 1. Dia berharap, tidak ada pengetatan kembali hingga momen libur Lebaran. Pihaknya berupaya secara maksimal agar tidak menimbulkan kasus Covid-19 di objek wisata. 

Tak hanya Semarang Zoo, Goa Kreo juga bersiap sambut wisatawan saat libur Lebaran nanti. Objek wisata milik Pemerintah Kota Semarang selalu berbenah untuk menggaet wisatawan baik ada pemudik maupun wisatawan lokal. 

Kepala UPTD Goa Kreo, Mamit Sumitra mengatakan, masih menunggu instruksi Wali Kota Semarang dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang terkait aturan di objek wisata saat Lebaran. Namun, pembenahan fasilitas mulai dilakukan. Hiburan sepekan Lebaran juga mulai disiapkan. 

"Dari dinas nanti ada hiburan sepekan lebaran, ada pentas musik atau solo organ. Kami istikomah selalu menjaga kebersihan. Fasilitas yang rusak kami perbaiki," papar Mamit. 

Menurutnya, area objek wisata Goa Kreo cukup luas. Sehingga, penggunjung dipastikan tidak berkerumun di satu tempat, apalagi area Kreo naik turun bukit. 

"Untuk memecah kerumunan, paling nanti di gazebo ada musik. Di bawah, ada panjat pinang. Hari yang diperkirakan padat pengunjung akan kami siasati demikian," imbuhnya. (eyf)

Baca juga: Perdana Ramadhan, Blora Menyapa Sambangi Cepu dan Sambong

Baca juga: Pulang ke Jepang, Taisei Marukawa Pamer Jersey PSIS di Tokyo

Baca juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Kabupaten Karanganyar Besok, Ramadhan Hari ke-5, Kamis 7 April 2022

Baca juga: SEA Games Vietnam: Alfeandra Jadi Satu-satunya Punggawa PSIS yang ikuti TC Timnas U-23 di Korsel

Baca juga: Takjil Ramadan : Inilah Makanan di Pekalongan yang Kerap Dijumpai Saat Berbuka Puasa

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved