Lebaran 2022, Warga Blora Berburu Janur Selosong Ketupat

Tarmi, salah satu pembeli mengatakan, janur kelapa dibeli sebagian warga Blora untuk dibuat selongsong ketupat dan lepet dalam tradisi kupatan.

Penulis: ahmad mustakim | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
Tampak warga Blora saat berburu janur kelapa di Pasar Sido Makmur Blora untuk lebaran 2022. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Lebaran tahun 2022 atau Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, warga Blora mulai berburu janur kelapa di pasar tradisional setempat untuk dibuat selongsong ketupat dan lepet sebagai menu hari raya. 


Tarmi, salah satu pembeli mengatakan, janur kelapa dibeli sebagian warga Blora untuk dibuat selongsong ketupat dan lepet dalam tradisi kupatan (lebaran ketupat) pada H+7 Idulfitri 1443 Hijriah.


“Ya, saya tadi sudah beli janur kelapa, nyicil untuk dibuat selongsong ketupat dan lepet buat sajian kuliner keluarga, ini mumpung saudara pada mudik Lebaran 2022,” ucap Tarmi, Selasa (3/5/2022).


Penjual janur kelapa juga kembali bermunculan di pasar tradisional Blora di Idulfitri 1443 Hijriah dan hari raya ini. 


Sebagian janur yang dijual dipasok pedagang dari luar daerah karena di wilayah Blora minim pohon kelapa akibat serangan Hama Kwawung sejak puluhan tahun terakhir.


Pedagang janur dari luar kota itu umumnya sudah punya langganan tetap, yakni para pedagang janur lokal musiman yang menjual secara eceran. 


Oleh sebab itu, begitu datang, janur yang mereka bawa langsung diambil para pelanggan.


”Saya sudah bertahun-tahun jualan janur di Blora. Dibandingkan di daerah lain, penjualan janur di Blora lebih menguntungkan,” kata Suhar, pedagang janur asal Ngawi, Jawa Timur, di Blora


Pedagang janur asli Blora, Utami mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan janur, dirinya membeli (kulak) dari wilayah Kabupaten Rembang dan Banyumas.


“Saya kulakan janur dari Rembang dan Banyumas, tapi gak berani banyak, khawatir tidak laku dan layu. Soalnya ini masih awal, tidak semua warga butuh janur, sebab di Blora ada tradisi lebaran ketupat setelah Idulfitri,” ujarnya. 


Harga eceren janur kelapa di pasar rakyat Sido Makmur Blora pada lebaran 2022 Rp 15 ribu per ikat, berisi 50 helai.


“Sudah ada warga yang membeli untuk selongsong ketupat dan lepet, sehari rata-rata laku 5 ikat,” kata Karmin, penjual janur eceran di pasar Blora.             


Beberapa penjual di pasar tradisional Blora juga ada yang menyediakan selongsong ketupat yang sudah dianyam dan dibentuk. 


Harga selongsong ketupat Rp 8 ribu berisi 10 buah selongsong.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved