Berita Jateng

Dinkes Jateng Luruskan Kabar Vaksin Penyebab Hepatitis Akut Misterius

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa tengah (Jateng) membantah kabar yang menyebutkan vaksinasi Covid 19 bisa menjadi salah satu penyebab

Net
Ilustrasi Hepatitis 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa tengah (Jateng) membantah kabar yang menyebutkan vaksinasi Covid 19 bisa menjadi salah satu penyebab hepatitis akut misterius. 

Kepala Dinkes Jateng, Yunita Dyah Suminar mengatakan kabar tersebut tidak benar. Menurutnya penyebab hepatitis akut pada anak yang disebab oleh vaksin COVID-19 dan virus COVID-19 itu pun belum adanya penelitan lebih lanjut.

"Ada hoaks yang menyebutkan ada vaksin yang menyebabkan anak-anak sakit itu, secara studi tidak betul. Tidak ada kaitan antara vaksin dan yang menyebabkan hepatitis akut itu, " kata Yunita, Selasa (10/5) 

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) mengeluarkan Surat Edaran untuk meningkatkan kewaspadaan atas penemuan kasus Hepatitis akut pada anak.

Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) P2P Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 27 April 2022.

Menghimpun data dari Kementerian Kesehatan RI pada 10 Mei 2022, SARS-CoV-2 atau virus COVID-19 ditemukan pada 20 kasus hepatitis akut pada anak, sedangkan 19 kasus terdeteksi adanya ko-infeksi SARS-CoV-2 dan Adenovirus.

Sejumlah pihak mengklaim penyebab hepatitis akut pada anak adalah vaksin COVID-19 dan virus COVID-19. Namun, UK Health Security Agency membantah tentang klaim tersebut. Dijelaskan vaksin COVID-19 penyebab hepatitis akut pada anak adalah kabar tidak benar. (*)

Baca juga: Yang Bikin Hendrar Prihadi Kaget Usai Kebakaran Pasar Manyaran Semarang, Kok Isinya Kayak Gini?

Baca juga: Dua Tahun Sepi, Pasar Grosir Batik Setono Kota Pekalongan Kembali Menggeliat

Baca juga: Hendi Kaget Saat Kunjungi Pasar Manyaran Semarang, Malah Ada Los Disewakan dan Jadi Tempat Tinggal

Baca juga: Cara Urus KTP Rusak Kabupaten Banyumas, Lewat Aplikasi Gratis Kabeh

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved