Berita Pati

Desa Sumbersoko Kabupaten Pati Dipilih Sebagai Desa Binaan Puncak Hari Bakti Dokter Indonesia 2022

Tiap 20 Mei diperingati sebagai Hari Bakti Dokter Indonesia, selain Harkitnas.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setiap tahunnya, 20 Mei diperingati sebagai Hari Bakti Dokter Indonesia, selain sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)

Puncak Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 2022 yang diadakan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) akan dilaksanakan Desa Sumbersoko Kecamatan Sukolilio Kabupaten Pati pada Jumat (20/5/2022).
Puncak Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 2022 yang diadakan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) akan dilaksanakan Desa Sumbersoko Kecamatan Sukolilio Kabupaten Pati pada Jumat (20/5/2022). (Tribun Jateng/Amanda Rizqyana)

.

Puncak Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 2022 yang diadakan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) akan dilaksanakan Desa Sumbersoko Kecamatan Sukolilio Kabupaten Pati.

Tak ada alasan khusus pemilihan Kabupaten Pati sebagai pusat HBDI 2022 karena penyelanggaraan HBDI setiap tahunnya diusahakan menjangkau wilayah di seluruh Indonesia.

Namun pemilihan Kabupaten Pati didukung oleh tuan rumah dari IDI Cabang Pati, IDI Cabang Kudus, dan IDI Cabang Rembang.

"Namun beberapa bulan lalu, rekan-rekan dari IDI Pati, IDI Kudus, dan IDI Rembang memiliki gambaran kegiatan untuk HBDI dan menurut kami itu sebuah hal yang sangat bagus," ujar Ketua Umum PB IDI dr Moh. Abid Khumaidi, SpOT.

Pada kesempatan tersebut, dr. Moh Abid didampingi dr Djoko Handojo, SpB(K)Onk, FICS, selaku Ketua Wilayah IDI Jawa Tengah, Dr dr Cahyono Hadi, SpOG(K) selaku Ketua Panitia HBDI 2022 di Kantor Pusat IDI Wilayah Jawa Tengah, dan dr Nirwan Satria, SpAn. selaku Ketua Panitia Nasional HBDI 2022 di Jalan Gedong Batu Nomor 28 Simongan Semarang Barat Kota Semarang pada Kamis (19/5/2022).

"Puncak acara HBDI ke-114 sedianya akan dilaksanakan pada Jumat besok bertema IDI Reborn: Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat dan serangkaian acara di IDI wilayah maupun IDI cabang seluruh Indonesia," terangnya di pada Media Briefing Pembukaan HBDI 2022.

Didapuk sebagai tuan rumah dalam HBDI 2022 ialah IDI Cabang Pati, IDI Cabang Kudus, dan IDI Cabang Rembang dan dipusatkan di Kabupaten Pati.

Adapun rangkaian kegiatan dalam HBDI antara lain jambanisasi atau pembangunan jamban sehat bagi keluarga dan pembangunan sumber air bersih berupa sumber artesis bagi warga Desa Sumbersoko.

Disampaikan oleh Dr dr Cahyono, Desa Sumbersoko merupakan desa binaan IDI Pati yang diharapkan setelah HBDI 2022 bisa dilakukan program berkelanjutan.

"Desa Sumbersoko merupakan desa binaan IDI Pati dan kami harapkan selepas HBDI 2022 bisa dilakukan program berkelanjutan," ujarnya.

Adapun tujuan dari jambanisasi dan pembangunan sumber air bersih merupakan upaya mengentaskan masyarakat dari penyakit menular sekaligus memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat.

Selain jambanisasi dan pembangunan air bersih, diadakan pula donor darah dan webinar Dialog Interaktif PB IDI yang diikuti seluruh anggota IDI.

Bersamaan dengan HBDI 2022, dilakukan pula pengusulan 4 dokter bagai pahlawan nasional yakni Dokter Kariadi dan Dokter HR Soeharto dari Jawa Tengah, Dokter Aloei Saboe dari Gorontalo, dan Dokter Rubini dari Kalimantan Barat. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved