Berita Karanganyar

Suhu di Puncak Gunung Lawu 3-4 Derajat Celcius, Pendaki Diminta Waspada

Para pendaki Gunung Lawu diimbau supaya mewaspadai cuaca ekstrim pasalnya suhu di puncak bisa mencapai 3-4 derajat celcius saat malam hari.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Ilustrasi. Gunung Lawu Karanganyar 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Para pendaki Gunung Lawu diimbau supaya mewaspadai cuaca ekstrim pasalnya suhu di puncak bisa mencapai 3-4 derajat celcius saat malam hari.

Dari data yang dihimpun dari petugas basecamp pendakian di Cemoro Kandang Kecamatan Tawangmangu dan Basecamp Candi Cetho, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, tercatat ada seratusan orang yang melakukan pendakian di jalur wilayah Karanganyar pada Sabtu (28/5/2022) siang.

Ada 70 orang yang melakukan pendakian ke Gunung Lawu melalui jalur Cemoro Kandang dan ada 97 orang yang mendaki melalui jalur Candi Cetho.

Pendaki asal Salatiga, Joni dan Agung berdoa sebelum melakukan pendakian ke Gunung Lawu melalui Jalur Cemoro Kandang Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Sabtu (28/5/2022).
Pendaki asal Salatiga, Joni dan Agung berdoa sebelum melakukan pendakian ke Gunung Lawu melalui Jalur Cemoro Kandang Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Sabtu (28/5/2022). (Tribun Jateng/ agus iswadi)

Petugas Basecamp Cemoro Kandang, Bambang menyampaikan, ada penurunan jumlah pendaki yang melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Kandang pada akhir pekan ini apabila dibandingkan dengan pekan lalu.

Dia menuturkan, penutupan jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Magetan Jawa Timur memang berdampak terhadap peningkatan jumlah pendaki yang melakukan pendakian via Cemoro Kandang meskipun tidak begitu signifikan.

"Pekan lalu ada seratusan orang, sekarang ada 70 orang. Penurunan karena cuaca ekstrim," katanya kepada Tribunjateng.com.

Mengingat saat ini cuaca di Gunung Lawu cukup ekstrim, lanjutnya, para pendaki diimbau supaya melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan pendakian. Baik itu fisik, peralatan, logistik dan obat-obatan.

"Suhu di basecamp sekitar 9-10 derajat celcius saat malam hari. Kalau di atas bisa sampai 3-4 derajat celcius," ucapnya.

Dia menyarankan kepada para pendaki supaya memperhatikan manajemen logistik dan peralatan sesuai dengan standar keamanan. 

"Pastikan bawa baju ganti karena cuaca hujan terus jangan sampai istirahat (tidur) mengenakan pakaian basah dan pastikan jangan sampai telat makan," ungkapnya.

Pendaki asal Salatiga Joni Siswanto mengatakan, sudah lima kali melakukan pendakian ke Gunung Lawu tapi mendaki melalui jalur Cemoro Kandang baru dua kali.

Sebelum melakukan pendakian, dia bersama rekannya, Agung Nugroho telah mempersiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan mengingat saat ini cuaca cukup ekstrim.

"Rencana bermalam sehari, besok pulang. Refreshing sama kangen Mbok Yem (makan di Warung Mbok Yem). Mungkin nanti menginap di sana (Warung Mbok Yem)," terangnya. (Ais)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved