OPINI

OPINI Tri Susilo Hadi : Peran Lembaga Swadaya Masyarakat Dalam Temukan Orang Positip HIV

HUMAN imonodefisiensi Virus adalah virus yang menurunkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Virus HIV terbagi menjadi dua tipe utama, yaitu HIV-1

Selain mengenakan jubah hitam, sekumpulan orang ini juga memakai tudung maupun topi berwarna hitam. 

Oleh Tri Susilo Hadi,SKM, MKes
ASN DKK Kota Semarang

HUMAN imonodefisiensi Virus adalah virus yang menurunkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Virus HIV terbagi menjadi dua tipe utama, yaitu HIV-1 dan HIV-2.

Pada 90 % kasus, infeksi HIV disebabkan oleh HIV-1. Sementara, HIV-2 diketahui hanya menyerang sebagian kecil orang, khususnya di Afrika Barat.

Di Kota Semarang Penyakit HIV / AIDS Pertama kali ditemukan pada tahun 1998 pada seorang turis asing yang ada di Kota Semarang setiap tahun selalu terjadi peningkatan jumlah penderitannya.

Maka diperlukan peran masyarakat, khususnya Lembaga Swadaya Masyarakat dalam menemukan orang yang positip HIV.

Kini di kota Semarang tercatat ada enam lembaga swadaya masyarakat (LSM) yaitu Kalandara, Graha mitra, PKBI Jawa Tengah, Tiara kasih, Stop Hiva , life Motivation dimana enam LSM tersebut memberikan dampingan dan edukasi pada institusi yang berlainan, yang menyebabkan orang yang memeriksakan diri ( tes HIV ) meningkat. Sehingga kasus HIV meningkat dari tahun ketahun

Kesimpulannya setelah adanya 6 Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli terhadap penaggulangan HIV Kasus HIV di Kota Semarang yang ditemukan selalu terjadi peningkatan dari tahun 2002 sampai sekarang.

Maka diperlukan peran masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang Peduli HIV untuk bermitra dan diberikan dukungan pendanaan.

Penularan HIV

Biasanya terjadi saat cairan tubuh penderita (bisa darah, sperma, atau cairan vagina), masuk ke dalam tubuh orang lain. Hal ini dapat terjadi melalui berbagai cara berikut :
a. Hubungan seks

b. Penggunaan jarum suntik

c. Tranfusi darah

Selain melalui berbagai cara di atas, HIV juga bisa menular dari ibu hamil ke janin yang dikandungnya.

Virus HIV juga dapat menular pada proses melahirkan, atau melalui air susu ibu saat proses menyusui.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved