Berita Sragen

Objek Wisata Kemukus Terapkan E Ticket, PAD Tercatat Realtime

Pemerintah Kabupaten Sragen mulai menerapkan E-ticketing untuk masuk ke destinasi wisata Gunung Kemukus. 

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul muzaki
objek wisata Gunung Kemukus, Sragen 

TRIBUNJATENG. COM, SRAGEN -- Pemerintah Kabupaten Sragen mulai menerapkan E-ticketing untuk masuk ke destinasi wisata Gunung Kemukus. 

Tiket elektronik ini untuk memudahkan traveller yang ingin berwisata di Bumi Sukowati. Nantinya, e-ticketing juga dapat diterapkan di objek wisata lainnya milik Pemkab Sragen.

Peluncuran aplikasi pembelian tiket secara online ini wujud kerja sama antara Pemkab Sragen, Bank Indonesia dengan Bank Jateng Cabang Sragen.

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menilai, selain mempermudah pelayanan wisata, rencananya digitalisasi juga akan diterapkan di sektor-sektor lainnya sebagai upaya transparansi dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Pengelolaan pendapatan objek wisata juga akan lebih akuntabel. 

"Harapannya dengan sistem digital ini juga akan diterapkan di pajak restoran, pasar dan lain sebagainya," terangnya,  Kamis (2/6/2022) 

Pengunjung tak perlu lagi antre di loket masuk Gunung Kemukus untuk membeli tiket. Wisatawan  cukup membuka ponsel dan menggunakan aplikasi e-ticketing melalui alamat https://tiketwisata.sragenkab.go.id/front/index.php untuk membeli tiket secara online alias daring.

Dengan diterapkannnya QRIS, akurasi pencatatan Pendapatan Asli Daerah dari Retribusi akan terpantau tercatat secara realtime. 

Qris mampu mendeteksi seluruh aplikasi pembayaran uang eletronik dari Bank maupun Non Bank yang sudah berizin oleh BI sehingga menjadikan proses transaksi lebih cepat, mudah dan terjaga keamanannya.

Sementara Deputi Kepala Perwakilan BI Solo, Gunawan Purbowo, berkomitmen mendukung digitalisasi transaksi di Kabupaten Sragen. Festival ini digelar di Sragen karena sudah maju dalam penerapan digitalisasi transaksi keuangan.

"Dengan diluncurkannya e-ticketing diharapkan digitalisasi transaksi di Sragen lebih menggema di Soloraya dan nasional," harapnya. (*)

Baca juga: Diskominfo Kota Semarang Roadshow Lapor Hendi, Warga Ingin Sosialisasi Rambah Hingga Tingkat RT RW

Baca juga: INILAH PENAMPAKAN Ular Piton di Plafon Rumah Perumahan Argotunggal Ledok Argomulyo Salatiga

Baca juga: HOAX : Video Kecelakaan Beruntun Maut di Bandar Lampung Disebut di Dekat Kopi Eva Jambu Semarang

Baca juga: Kiper Anyar PSIS tak Sabar Bermain di Jatidiri. Punya Sejarah dalam Perjalanan Karirnya

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved