Harga Pangan Naik, Konsumsi Naik: Tanda Pemulihan Ekonomi

aktivitas masyarakat sudah cukup tinggi. Restoran, bioskop, dan tempat-tempat hiburan dipenuhi pengunjung.

Editor: Vito
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
ilustrasi - satu pedagang cabai dan sayuran di Pasar Trayeman Slawi, Tuti Astuti, melayani pelanggan di lapak jualannya, Kamis (2/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Saat harga pangan mulai merangkak naik pada awal Juni 2022, tingkat konsumsi masyarakat juga tercatat meningkat seiring dengan pengendalian covid-19 yang terus membaik.

"Dari sisi permintaan, tingkat konsumsi mulai pulih. Konsumsi domestik menguat. Dari sisi permintaan cukup konsisten. Ini potensi pemulihan ekonomi domestik," kata pengamat ekonomi, Fithra Faisal, Jumat (3/6).

Menurut dia, aktivitas masyarakat sudah cukup tinggi. Restoran, bioskop, dan tempat-tempat hiburan dipenuhi pengunjung. Hal itupun dinilai menunjukkan roda perekonomian bergerak.

Terkait dengan penyebab kenaikan harga pangan, Fithra menyebut, ada beberapa faktor, antara lain pengaruh dinamika global dan musim yang cukup besar.

Ia berujar, dari sisi produksi ada penurunan, tetapi permintaan tetap kuat. Ia memberi contoh, harga telur ayam naik karena petani mengurangi produksi akibat tingginya harga pakan.

Sementara, dia menambahkan, kenaikan harga cabai dipengaruhi faktor musim yang menyebabkan petani mengalami gagal panen.

"Harga pakan naik signifikan. Kenapa naik? Salah satunya kita bisa melihat dari suply chain global, karena pakan dari gandum," tuturnya.

"India sudah mulai menahan produk ekspor, dan itu berdampak juga bagi harga pakan ayam. Gejolak dari Eropa Timur juga membatasi gandum. Ini berimplifikasi pada harga telur," paparnya.

Fithra menuturkan, yang harus diwaspadai adalah inflasi. Saat ini, tren inflasi masih wajar, ada tanda-tanda yang harus jadi perhatian pemerintah.

"Jangan sampai inflasi berujung pada stagflasi," ujarnya. (Tribunnews/Willy Widianto)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved