Berita Semarang

Dekan FT Undip Dukung Kehadiran SPKLU

Kalangan akademisi mengapresiasi upaya pemerintah menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dalam mendorong electric vehicle

Penulis: hermawan Endra | Editor: muslimah
Istimewa
Dekan Fakultas Teknik Universitas Dipenogoro (Undip), Agung Wibowo, 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kalangan akademisi mengapresiasi upaya pemerintah menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dalam mendorong electric vehicle di tanah air. 

Dekan Fakultas Teknik Universitas Dipenogoro (Undip), Agung Wibowo, mengatakan, apa yang dilakukan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah mendorong net zero emission setelah ikut menandatangani Paris Agreement.

"Kami perguruan tinggi juga terus mendorong hal itu. Kami juga sudah ada dosen yang meneliti hal itu, terutama bagaimana battery itu bisa mensupport electric vehicle, " kata Agung Wibowo, Jumat (3/5).

Dijelaskannya, di kalangan mahasiswa, Undip juga terus memperkaya mata kuliah net zero emission. Tujuannya agar mereka lebih sadar dan ahli sehingga nantinya ketika lulus bisa kompetitif di lingkungan industri.

Sebelumnya, sebagai bentuk dukungan PLN untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia serta upaya memenuhi kesiapan infrastruktur Electric Vehicle, PLN telah menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Selain itu dihadirkan juga Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), Layanan Home Charging, dan paltform aplikasi pengisian daya Charge.IN, serta kerjasama partnership penyediaan SPKLU berbasis sharing economy model.

Realisasi pembangunan SPKLU di Jateng dan D.I. Yogyakarta saat ini tetah berjumlah 10 Unit yang tersebar di 3 kota besar (Semarang, Yogyakarta, dan Surakarta), 5 titik rest area tol Trans Jawa, dan 2 destinasi wisata nasional (Candi Borobudur dan Candi Prambanan). 

(*)


 
Dekan Fakultas Teknik Universitas Dipenogoro (Undip), Agung Wibowo,

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved