Berita Karanganyar

Pemkab Karanganyar Akan Melakukan Penataan Jalur Pendakian Gunung Lawu di Cemoro Kandang Tawangmangu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bekerja sama dengan para relawan akan melakukan penataan di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bekerja sama dengan para relawan akan melakukan penataan di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang Kecamatan Tawangmangu. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bekerja sama dengan para relawan akan melakukan penataan di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang Kecamatan Tawangmangu.

Hal itu diketahui dari audiensi antara Bupati Karanganyar, Juliyatmono dengan para relawan dan pecinta alam di sekitar Lereng Gunung Lawu di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (22/6/2022).

Adapun Bupati Karanganyar sebelumnya telah merencanakan untuk melakukan penataan jalur pendakian akan tetapi rencana tersebut tertunda karena adanya pandemi Covid-19.

"Kita koordinasikan itu untuk mencoba dan merealisasi yang dulu pernah saya gagas itu. Membikin jalur ke puncak Lawu. Jalur itu menyelamatkan banyak pihak, supaya tidak menyesatkan mereka yang naik ke puncak Lawu. Kalau yang bikin para relawan itu kan hanya menata, tidak boleh merusak, tidak boleh menebang pohon supaya jalur tertata bagus. Bisa tangga dari batuan yang ada di situ (sekitar jalur)," kata Juliyatmono kepada Tribunjateng.com di Gedung Paripurna DPRD Karanganyar, Rabu (22/6/2022).

Dia menjelaskan, penataan jalur tersebut akan menggunakan dana CSR. Adapun jalur pendakian via Cemoro Kandang dari basecamp hingga ke puncak sepanjang 12 Km. Lanjutnya, rencana penataan itu diharapkan dapat direalisasikan pada tahun ini.

Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan Perhutani untuk melakukan penataan jalur pendakian di Cemoro Kandang.

"Ini baru akan saya mulai, jalur itu dirapikan supaya semua orang bisa naik dengan baik, tidak tersesat. Juga bagaimana dikasih lampu di ruas tertentu, area publik bisa ditata supaya asri," ucapnya. (Ais).

Caption: Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved