Berita Kuliner

Segarnya Es Dawet Daun Kelor Slawi, Terbuat dari Bahan Alami, Harga Mulai Rp 6 Ribu

Es dawet daun kelor ini terbuat dari bahan-bahan alami termasuk pewarnanya juga sudah pasti alami karena hasil dari perpaduan daun kelor dan daun pand

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Pengelola kios es dawet daun kelor, Yanti (33), menunjukkan es dawet yang tersedia di cabang Jalan Wahid Hasyim, Slawi, tidak jauh dari Alun-alun Rumah Dinas Bupati Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebagain masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan salah satu minuman tradisional yang asalnya lebih dikenal dari Banjarnegara Jawa Tengah yaitu Es Dawet.

Minuman yang memiliki perpaduan rasa gurih berasal dari santan, manis karena gula aren, gula jawa, gula merah, atau gula kelapa, ditambah dawet itu sendiri menjadi perpaduan yang menyegarkan.

Sekarang ini, es dawet terus berkembang tidak hanya yang biasa terjual di pasaran, jika biasanya dawet terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung beras ketan, kali ini Tribunjateng.com menghadirkan es dawet yang terbuat dari bahan dasar tidak biasa yaitu daun kelor.

Sesuai namanya, Es Dawet Daun Kelor ini, terbuat dari bahan dasar seperti tepung aren, tepung beras ketan, tepung tapioka, ditambah dengan air rebusan daun kelor dan daun pandan.

Baca juga: Amanda Manopo Sindir Arya Saloka yang Tinggalkan Ikatan Cinta, Singgung Tanggung Jawab

Baca juga: Pengemis Sering Minta Uang Biru Secara Paksa, Berikut Tiips untuk Jamaah Haji Indonesia

Sehingga es dawet daun kelor ini terbuat dari bahan-bahan alami termasuk pewarnanya juga sudah pasti alami karena hasil dari perpaduan daun kelor dan daun pandan.

Pengelola kios es dawet daun kelor, Yanti, bercerita bahwa usaha yang ia rintis belum lama beropersi tepatnya baru akan memasuki usia dua tahun.

Adapun kios es Dawet Daun Kelor ini dibuka sekitar Oktober 2020 lalu dan sampai saat ini sudah memiliki dua cabang.

Pengelola kios es dawet daun kelor, Yanti (33), menunjukkan es dawet yang tersedia di cabang Jalan Wahid Hasyim, Slawi, tidak jauh dari Alun-alun Rumah Dinas Bupati Tegal.
Pengelola kios es dawet daun kelor, Yanti (33), menunjukkan es dawet yang tersedia di cabang Jalan Wahid Hasyim, Slawi, tidak jauh dari Alun-alun Rumah Dinas Bupati Tegal. (TribunJateng.com/Desta Leila Kartika)

Es dawet daun kelor bisa anda jumpai di salah satu kios berlokasi di Jalan Wahid Hasyim Slawi, tidak jauh dari Alun-alun Rumah Dinas Bupati Tegal. 

Anda juga bisa menemukan kios es dawet duan kelor yang dikelola Yanti di komplek Ruko Slawi, tepatnya berdekatan dengan rujak teplak mba pesek.

"Awal mula kepikiran membuka usaha es dawet daun kelor karena kebetulan di samping rumah banyak sekali pohon daun kelor. Kemudian saya berpikir kenapa tidak dibuat dawet saja karena kebetulan saya juga asal Banjarnegara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved