Berita Karanganyar

Bupati Karanganyar Minta Persalinan Direncanakan Guna Antisipasi Kematian Ibu dan Anak

Bupati Karanganyar minta kepada para ibu hamil rencanakan persalinan sebaik mungkin.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Dok. Diskominfo Karanganyar
Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan pembinaan kepada ibu hamil dalam rangka menekan angka kematian ibu dan bayi di RM Mbak Ning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, Kamis (30/6/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta kepada para ibu hamil supaya merencanakan persalinan sebaik mungkin guna mengantisipasi kematian ibu dan anak.

Pernyataan itu disampaikan oleh Juliyatmono saat memberikan pembinaan kepada ibu hamil dalam rangka penurunan Angka Kematian Ibu (AKI)/Angka Kematian Bayi (AKB) di RM Mbak Ning Ngargoyoso, Kamis (30/6/2022). 

Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar menyampaikan, pemerintah terus berupaya dalam rangka menekan serta mengantisipasi kematian ibu hamil dan bayi. Oleh karena itu persiapan harus mulai dilakukan oleh para ibu hamil. Baik itu persalinan, pemenuhan gizi dan nutrisi selama hamil dan lainnya. 

"Kepada Bu Bidan, ibu hamil yang beresiko didampingi, disemangati supaya ibu hamil sehat dan bayinya sehat," katanya. 

Apabila telah melewati masa persalinan, lanjutnya, diharapkan ibu hamil memberikan ASI eksklusif kepada bayi paling tidak selama dua tahun supaya tumbuh kembangnya baik.

Kepala Puskesmas Ngargoyoso, Bambang Mulyawan mengatakan, tercatat ada 212 ibu hamil yang ada di Kecamatan Ngargoyoso hingga saat ini. Dari jumlah tersebut ada 45 ibu hamil yang beresiko. 

"Kematian ibu sampai Juni ini tidak ada, bayi ada satu karena pneumonia," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved