PMK

TNI Dampingi Petugas DKPP Kabupaten Pekalongan Vaksin PMK Sapi

TNI melakukan pendampingan pemberian vaksinasi PMK, kepada sapi di Kabupaten Pekalongan.

istimewa
Anggota Koramil 10 Wiradesa saat mendampingi vaksinasi PMK di Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizki Aditya, mengintruksikan jajarannya untuk melakukan pendampingan pemberian vaksinasi PMK, kepada sapi yang dilakukan oleh Dinas Ketahan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pekalongan.

Seperti yang dilaksanakan pada, Kamis (30/6/2022), anggota Koramil 10 Wiradesa dan Koramil 12 Tirto mendampingi petugas dari DKPP Kabupaten Pekalongan, memberikan vaksin kepada hewan ternak milik warga di Kecamatan Wonokerto dan Tirto.

Komandan Koramil 10 Wiradesa Kapten Cpm Abdul Khamim menyampaikan bahwa, sebagai aparat komando kewilayahan, pihaknya bersama jajaran selalu siap memberikan pendampingan terutama pada upaya pencegahan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak warga.

"Kami selalu siap mendampingi kegiatan vaksinasi PMK ini," kata Komandan Koramil 10 Wiradesa Kapten Cpm Abdul Khamim.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga agar segera melaporkan kepada petugas, jika didapati adanya gangguan kesehatan pada hewan ternaknya.

"Yang penting kami minta masyarakat segera melapor kepada petugas, bila hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK seperti, mulut keluar lendir atau busa, lepuh dibawah hidung, dan luka pada bagian kuku," imbuhnya.

Selain itu juga, peternak untuk lebih meningkatkan kekebalan tubuh pada ternak sapi mereka dengan memberikan makanan tradisional yang lebih baik dan bergizi seperti rempah-rempah.

Sementara itu Drh Mu'tasim, dari DKPP Kabupaten Pekalongan menjelaskan, kegiatan pemberian vaksinasi yang dillasanakan hari ini merupakan yang pertama kalinya dengan target pemberian 125 dosis vaksin.

"Kegiatan yang kita gelar saat ini adalah yang pertama kali, dan kita bagi menjadi 4 tim," katanya.

Kemudian, untuk vaksinasi yang disini alokasi vaksin ada 48 dosis, sedangkan secara keseluruhan se-kabupaten Pekalongan ada 125 dosis vaksin yang akan diberikan.

"Total pemberian vaksian PMK sendiri untuk dosis 1 ini, wilayah Kabupaten Pekalongan mendapat alokasi sebanyak 2000 dosis," tambahnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved