Berita Kendal

Dinas Pertanian dan Pangan Kab Kendal Cek Kesehatan Hewan Kurban Sebelum Dikirim ke Pembeli

DPP Kabupaten Kendal mulai terjun mengecek kesehatan hewan ternak jelang Idul Adha.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kendal mengecek kesehatan hewan korban jelang Iduladha, Kamis (7/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal mulai terjun mengecek kesehatan hewan ternak jelang Hari Raya Iduladha 2022.

Pengecekan dilakukan di ka

Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kendal mengecek kesehatan hewan korban jelang Iduladha, Kamis (7/7/2022).
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kendal mengecek kesehatan hewan korban jelang Iduladha, Kamis (7/7/2022). (Tribun Jateng/Saiful Ma'sum)

ndang-kandang ternak sebelum dilepas ke pembeli untuk disembelih.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Rogojati mengatakan, pengecekan dilakukan di pengepul, pedagang, dan peternak hewan kurban.

Utamanya bagi hewan ternak yang akan dikirim ke tempat pemotongan hewan di luar kota/kabupaten.

Selain itu, kata Pandu, pengecekan hewan dimaksudkan untuk memastikan betul kondisi kesehatan ternak sebelum diterbitkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) sebagai syarat perjalanan hewan kurban. Mengingat kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) saat ini masih merebak di berbagai daerah.

"Alhamdulillah kami sudah cek banyak hewan yang sehat, kemudian kami terbitkan SKKH untuk syarat perjalanan hewan ternak setelah ada persetujuan wilayah penerima," terangnya.

Dia menegaskan, sudah menyiapkan 36 petugas untuk monitoring proses pemotongan hewan kurban. Terdiri dari 9 dokter hewan, 12 tenaga paramedis, serta sejumlah tenaga non medis dan non paramedis.

Pandu menyebut, pihaknya mendata ada 1.800-an titik penyembelihan berdasarkan data 2021. Petugas yang ada akan dioptimalkan semaksimal mungkin melakukan monitoring mulai H+2 Iduladha. 

"Pada hari H, kami juga akan periksa dan pantau pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Kami imbau kepada peternak, pedagang dan pengepul selalu melaporkan progres kesehatan ternak. Harus ada kerjasama dari berbagai pihak," tutur dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved