Universitas Terbuka Semarang

Lulusan Paket C Bisa Kuliah di Perguruan Tinggi Ini Tanpa Tes

Lulusan Paket C tetap bisa melanjutkan studi di pendidikan tinggi atau kuliah. Mereka bisa memanfaatkan ijazahnya untuk   meraih  jenjang sarjana

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Lulusan Paket C Bisa Kuliah di Perguruan Tinggi Ini Tanpa Tes
Istimewa
Universitas Terbuka Semarang

TRIBUNJATENG.COM - Tahun 2003 adalah masa emas dunia pendidikan Indonesia, sejak diluncurkan program pendidikan Paket C.

Paket (pendidikan kesetaraan) C mempunyai dua jurusan, yaitu IPA dan IPS.

Program ini merupakan program pendidikan yang setara dengan SLTA, sebagai alternatif bagi masyarakat yang mengalami putus sekolah atau tidak berkesempatan memperoleh pendidikan formal lantaran berbagai alasan.

Misalnya karena faktor lingkungan, kondisi sosial ekonomi, ketersediaan waktu, hingga lokasi geografis yang tak memungkinkan. 

Lulusan Paket C tetap bisa melanjutkan studi di pendidikan tinggi atau kuliah.

Mereka bisa memanfaatkan ijazahnya untuk   meraih  jenjang sarjana dan pascarjana. Universitas Terbuka (UT) Semarang sebagai insititusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh, menerima calon mahasiswa baru strata 1 (sarjana) bagi lulusan Paket C tanpa harus mengikuti tes seleksi dan tidak perlu membayar  uang gedung, biaya ujian, wisuda  dan sebagainya karena UT sudah menerapkan  UKT (uang kuliah tunggal).

Direktur UT Semarang, Drs Moh Muzammil, MM, mengatakan, calon mahasiswa bisa langsung mendaftarkan diri melalui laman sia.ut.ac.id atau datang langsung ke Kantor UT Semarang di Jalan Raya Semarang-Kendal km 14,5 Mangkang Wetan Semarang.

“Kami juga punya mitra kerja sama di 13 kabupaten/kota, mulai dari ujung timur Jateng, yakni Kabupaten Blora, kemudian Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kabupaten/Kota Semarang, Kendal, Batang, Kab/Kota Pekalongan hingga wilayah barat di Kabupaten Pemalang. Seluruh alamat kelompok belajar di kabupaten kota itu, bisa diakses di laman www.semarang.ut.ac.id”.

Berbagai kemudahan studi jenjang pendidikan tinggi telah disediakan oleh UT, sejak calon mahasiswa mendaftarkan diri, mendapatkan bahan ajar (modul), proses belajar yang tidak mengganggu waktu belajar, biaya studi yang sangat terjangkau, pelaksanaan ujian di kabupaten atau kota setempat, dan layanan konsultasi secara simultan.

“Yang perlu diingat, UT adalah perguruan tinggi negeri, yang tidak mengikat waktu mahasiswanya”.

Selain itu, banyak program studi favorit di UT yang akreditasinya A alias Unggul.

Oleh karena itu jangan heran jika UT memperoleh Rekor MURI sebagai perguruan tinggi yang alumninya lolos seleksi CPNS,” tandas Muzammil.

Ia pun menegaskan bahwa calon mahasiswa yang mengalami kesulitan atau ingin mendapatkan informasi tentang UT, disediakan layanan chat langsung   di nomor 085601100042.

“Selamat bergabung di perguruan tinggi kekinian, penyedia SDM masa depan”, ucap Direktur UT Semarang ini dalam kegiatan wisuda beberapa hari lalu. (*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved