Berita Karanganyar

Pengadilan Agama Karanganyar Jalin Kerja Sama Dengan Pemda Untuk Pencegahan Stunting

Pengadilan Agama Karanganyar tengah dalam proses menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka upaya penurunan angka stunting.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Kantor Pengadilan Agama Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pengadilan Agama Karanganyar tengah dalam proses menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka upaya penurunan angka stunting.

Panitera Pengadilan Agama Karanganyar, Khoirul Anam menyampaikan, saat ini masih tahap proses pembuatan nota kesepahaman dengan pemerintah daerah terkait dispensasi nikah sebagai upaya pencegahan stunting.

"Pak Ketua (Pengadilan Agama) sudah ke Pak Bupati (Karanganyar) untuk pencegahan itu (stunting), ada nota kesepahaman kalau seumpama mau dispensasi (nikah), dinas memberikan rekomendasi apa," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (20/7/2022).

Berdasarkan data dari Pengadilan Agama Karanganyar jumlah pengajuan dispensasi nikah pada tahun ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tercatat ada 173 perkara dispensasi nikah hingga Juli 2021.

Dia menjelaskan, pengajuan dispensasi nikah karena ada yang telah hamil duluan dan ada yang karena faktor lain. Khoirul mencontohkan, seperti orang tua di desa yang biasanya ada orang yang hendak melamar langsung diterima meski dari segi umur belum mencapai 19 tahun.

"Tahun ini ada 125 (dispensasi nikah) sampai Juli 2022, ada penurunan. Usai yang mengajukan sekitar 17 tahun -18 tahun," ucapnya.

Sebelumnya Kepala DP3AKB Karanganyar, Agam Bintoro mengatakan,ojo kawin bocah merupakan program dari Gubernur Jateng sebagai salah satu upaya pencegahan stunting. Oleh karena itu pernikahan dini harus dicegah karena dampaknya luar biasa.

"Pertama pengaruh pada kesehatan fisik, keturunan, dan kesehatan mental bagi ibu muda yang kemudian melahirkan ada banyak kasus mengalami baby blues," terangnya. (Ais).

Baca juga: Tiga Kapolres Lingkungan Polda Jateng Diganti, Kombes Pol Dwi Subagio Jabat Dirreskrimsus

Baca juga: Irfan Hakim Terkejut Tahu Rafathar Kecil-kecil Punya Tabungan Miliaran Rupiah

Baca juga: Empat Kebijakan Anyar Liga 1 2022-2023, Simak Penjelasan Rinci Berikut Ini

Baca juga: Inilah Djed Spence, Pemain Anyar Keenam Tottenham Hotspur, Bek Muda Pilihan Antonio Conte

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved