Berita Jepara

Jelang Penilaian Lomba Peduli Sungai Tingkat Jateng, Kali Boom di Welahan Dipoles

Komunitas Peduli Sungai (KPS) Bina Muda menjadi satu-satunya wakil dari eks karesidenan Pati untuk berlaga di Lomba KPS tingkat Jawa Tengah.

YUNANSETIAWAN/TRIBUNMURIA)
Komunitas Peduli Sungai Bina Muda di Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, akan mengikuit lomba tingkat Jateng. Saat ini Kali Boom di Welahan terus dipoles. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA -- Komunitas Peduli Sungai (KPS) Bina Muda menjadi satu-satunya wakil dari eks karesidenan Pati untuk berlaga di Lomba KPS tingkat Jawa Tengah.

Menjelang kedatangan tim penilai, KPS Bina Muda terus melakukan perbaikan Kali Boom.

Kali yang terletak di Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, itu akan bersaing dengan enam sungai di Jawa Tengah. Pesaing KPS Bina Muda berasal dari Klaten, Banjarnegara, Brebes, dan Kendal.

Petinggi Desa Welahan Jerjes mengungkapkan, sudah dua minggu mematangkan persiapan untuk menghadapi lomba ini. Pasalnya, KPS Bina Muda baru pertama kali ini mengikuti lomba tersebut. 

Untuk itu, dia tidak mau mengecewakan di ajang ini. Dia menargetkan bisa menjadi juara I. Di samping itu, ia berharap lomba ini bisa membuat sejumlah pihak bisa merawat sungai secara berkesinambungan.

Dia mengungkapkan KPS Bina Muda mendapat amanah berlaga di lomba itu pada 2020. 

Namun lomba itu ditunda karena pandemi Covid-19. Setelah dua tahun tertunda, lomba Kembali dilaksanakan. Saat ini pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan. 

“Saat ini pembersihan sungai dan bantaran dan pembuatan taman-taman,” kata Jerjes, kepada tribunmuria.com.

Kesiapan KPS Bina Muda mengikuti lomba ini ditinjau langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta. Senin (25/7/2022) pagi, ia mengecek kondisi Kali Boom. Dia meminta kepada jajaran Pemerintah Desa Welahan agar menyiapkan secara baik agar bisa menjadi pemenang.

“Semangat persiapannya. Harus menang,” kata Edy. (*)

Dia juga memerintahkan kepada Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jepara, Ary Bachtiar untuk membantu persiapan lomba ini. Dia berharap KPS Bina Muda dan Kali Boom bisa mengharumkan nama Jepara di level provinsi. (*)

Baca juga: Gedung Kesenian Kajen Akan Direvitalisasi, Dianggarkan Rp 3,5 Miliar

Baca juga: Cerita 25 Nabi untuk Anak Kisah Lahirnya Nabi Ibrahim AS

Baca juga: Not Pianika 17 Agustus Tahun 45, Hari Merdeka Lagu 17-an

Baca juga: Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik di RI, PLN Gandeng Produsen Kendaraan Listrik dan Grab Indonesia

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved