Berita Karanganyar

Buka TMMD Sengkuyung Tahap II, Bupati Karanganyar Berharap Ada Penguatan Nilai-nilai Nasionalisme

Bupati Karanganyar harap ada penguatan nilai-nilai nasionalisme dalam program TMMD.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Dok. Kodim 0727 Karanganyar
Bupati Karanganyar, Juliyatmono beserta jajaran Forkopimda meninjau proses pengerjaan betonisasi usai membuka TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gondangmanis Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Selasa (26/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Bupati Karanganyar, Juliyatmono berharap ada penguatan nilai-nilai nasionalisme dalam program TMMD Sengkuyung Tahap II 2022 di Desa Gondangmanis Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Selasa (26/7/2022).

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, program ini menjadi bagian merawat dan meningkatkan kebersamaan serta gotong royong dalam mengatasi persoalan-persoalan.

Menurutnya dalam penanganan sejumlah permasalahan tidak mungkin hanya mengandalkan peran dari pemerintah pusat, TNI-Polri, pemda saja. Melainkan perlu kolaborasi bersama rakyat.

"Ini menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan dan isu terkini dengan solusi," katanya saat membuka TMMD Sengkuyung Tahap II di Lapangan Desa Gondangmanis.

Dia menyampaikan terimakasih kepada semua elemen terutama TNI yang telah membantu secara moril dan materil dalam program TMMD.

Lanjutnya, program ini menggunakan sistem bottom up planning yakni perumusan pembangunan berjenjang dari level desa hingga kabupaten/kota.

"Saya juga berharap TMMD kali ini bisa disisipkan aneka program yang menggugah ke Indonesia kita, wawasan kebangsaan dan nilai nilai nasionalisme. Ini penting mengingat maraknya hoaks, perundungan atau bullying dan ujaran kebencian yang muncul di tengah kehidupan kita dan berpotensi memecah belah bangsa. Di tengah revolusi industri 4.0, mari kita berdayakan edukasi masyarakat pentingnya literasi digital agar bijak bermedsos. Saring sebelum sharing," terangnya.

Dalam program TMMD yang bakal berlangsung selama 30 hari tersebut ada sejumlah sasaran meliputi betonisasi jalan, penyuluhan KB, budidaya sayuran organik dan hidroponik, pengolahan sampah, penurunan stunting, pelayanan kependudukan, sosialisasi penyakit tidak menular, penyuluhan desa wisata, bahaya narkotika dan pembekalan PPBN serta bhinneka tunggal ika.

Adapun anggaran dalam pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II itu didukung dari APBD Jateng sebesar Rp 178 juta, APBD Karanganyar Rp 300 juta dan swadaya masyarakat Rp 50 juta. Dandim 0727 Karanganyar, Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, Bupati Karanganyar, Juliyatmono serta jajaran Forkopimda lainnya turut menghadiri acara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II di Lapangan Desa Gondangmanis. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved