Berita Pekalongan

Wabup Pekalongan Riswadi: TMMD Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

TMMD Sengkuyung tahap II 0710 Pekalongan yang menyasar di Desa Pedawang telah dibuka.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Wakil Bupati Pekalongan Riswadi saat menyerahkan alat kelengkapan TMMD Sengkuyung tahap 2 di Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II tahun 2022 Komando Distrik Militer (Kodim) 0710 Pekalongan yang menyasar di Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, telah dibuka hari ini, Selasa (26/7/2022) siang.

Wakil Bupati Pekalongan Riswadi menyampaikan, rasa syukurnya atas terselenggaranya TMMD kali ini.

Wakil Bupati Pekalongan Riswadi saat menyerahkan alat kelengkapan TMMD Sengkuyung tahap 2 di Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.
Wakil Bupati Pekalongan Riswadi saat menyerahkan alat kelengkapan TMMD Sengkuyung tahap 2 di Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

"Dengan adanya TMMD kali ini, kesengkuyungan antara pemerintah daerah dengan TNI dan masyarakat, bekerja sama untuk memajukan untuk kesejahteraan. Dalam hal ini yaitu infrastruktur," kata Wakil Bupati Pekalongan Riswadi kepada Tribunjateng.com.

Menurutnya program dari TMMD ini tak diragukan lagi, karena hasilnya sudah pasti memuaskan karena anggota Kodim 0710 Pekalongan langsung terjun, mengecek, dan melakukan pekerjaan lapangan secara langsung bersama masyarakat.

"Intinya membangun kebersamaan bersama masyarakat, lalu meningkatkan ekonomi serta laju distribusi barang semakin baik dan nyaman," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0710 Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditya mengatakan, sasaran untuk TTMD Sengkuyung Tahap II tahun 2022 ini yakni pengaspalan jalan di Desa Pedawang sepanjang 1.260 meter dan lebar 3 meter.

Lalu pembuatan turap dengan panjang 10 meter dan lebar 1,5 meter.

"TMMD ini dilaksanakan dengan gotong royong, dengan melibatkan 45 orang. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat," katanya.

Pihaknya mengungkapkan, dipilihnya Desa Pedawang karena lokasinya terisolir dan sulit dijangkau.

"Kita memilih lokasi yang sulit dijangkau, karena kita ingin membantu pemerataan ekonomi di wilayah Kabupaten Pekalongan, sehingga kita bisa merasakan manfaatnya," ungkapnya.

Tidak hanya sasaran fisik, sasaran non fisik juga dilakukan seperti penyuluhan stunting, wawasan kebangsaan, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan kesehatan, pertanian, kebencanaan, dan peternakan.

"Total dana TMMD Sengkuyung tahap 2 ini sebesar Rp 320.228.000, diantaranya dari dana APBD senilai Rp 236 juta dan APBD Kabupaten Pekalongan sebesar Rp 82.228.000," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved