Berita Semarang

Kerap Terjadi Tanah Gerak, Kelurahan Tinjomoyo Semarang Jadi Sasaran Program TMMD

Kelurahan Tinjomoyo, Kec. Banyumanik, Kota Semarang menjadi sasaran program TMMD.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang menjadi sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II 2022. Program ini bagian dari implementasi menyejahterakan masyarakat. 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, program TMMD Sengkuyung yang dilaksankan oleh Kodim 0733/BS Semarang ini merupakan bagian dari bergerak bersama membangun ibu kota Jawa Tengah.

Kali ini, sasaran TMMD adalah Kelurahan Tinjomoyo. 

"Kita tahu Tinjomoyo daerah Kota Semarang sebagai resapan. Disitu, banyak patahan atau tanah gerak. Maka, ini jadi sebuah hal yang harus kita syukuri teman-teman Kodim masuk kesitu," terang Hendi, sapaannya, usai pembukaan TMMD Sengkuyung tahap II 2022, di pendopo DP3A Kota Semarang, Rabu (27/7/2022). 

Menurutnya, adanya program TMMD di Kelurahan Tinjomoyo akan membuat kawasan tersebut lebih baik. Infrastruktur yang rusak akibat tanah gerak akan diperbaiki. Sehingga, program TMMD akan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Dandim 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Honi Havana mengatakan, program TMMD merupakan bentuk imolementasi dan komitmen Kodim untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menyejahterakan masyarakat Kota Semarang. 

"TMMD kali ini di Tinjomoyo. Ada beberapa kerawanan disana yang disebutkan Pak Wali.  Itulah yang kami perbaiki. Sehingga, nanti program ini betul-betul efektif dan berdampak nyata meningkatkan kesejahteran masyarakat," jelasnya. 

Honi menyebutkan, ada program fisik dan nonfisik yang bakal dilaksanakan selama TMMD berlangsung di Kelurahan Tinjomoyo.

Di wilayah tersebut, terdapat beberapa titik sliding land atau tanah geser. Maka, pihaknya akan membangun talud agar jalan yang berpotensi longsor bisa terarasi.

Selain itu, program fisik lainnya yaitu pembangunan saluran air dan rehab rumah atau program perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH).

Adapun program nonfisik meliputi sarasehan pancasila, wawasan kebangsaan, penyuluhan KB, dan penyuluhan kamtibmas, pengajian, dan sebagainya. 

"Kami juga akan melaksanakan lomba-lomba untuk masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved