Berita Kudus

Dukung Pengembangan Industri dan Pariwisata, Umku Kudus Kirim Enam Mahasiswa ke Sulsel

Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus Dr Rusnoto melepas enam mahasiswanya.

Penulis: raka f pujangga | Editor: sujarwo
Dok. Umku Kudus
Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku) Dr. Rusnoto melepas enam mahasiswanya bergabung dengan ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyah se-Indonesia dalam KKN tingkat nasional (KKN MAs 2022) yang difokuskan disejumlah daerah di Sulawesi Selatan diantaranya yakni di Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Talakar, Kamis (28/07/2022) pagi.? 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku) Dr. Rusnoto melepas  enam mahasiswanya bergabung dengan ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyah se-Indonesia dalam KKN tingkat nasional (KKN MAs 2022) yang difokuskan disejumlah daerah di Sulawesi Selatan diantaranya yakni di Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Talakar, Kamis (28/07/2022) pagi.

Pada hari Senin sebelumnya, para mahasiswa peserta KKN se Indonesia, dari kampusnya masing-masing memperoleh pembekalan melalui daring oleh pimpinan pusat Muhammadiyah di Jakarta. 

Di antara pembicaranya yakni Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr Abdul Mu’ti. Mahasiswa peserta KKN berasal dari tiga progdi yakni, Chika Hika Chaterina (D4 Teknologi Laboratorium Medis), Fika Adianasari (D4 Teknologi Laboratorium Medis), Sinta Janafialdhe Saputri (D4 Teknologi Laboratorium Medis), Fira Yulia Ardiani (S1 Keperawatan), Aulia Fajriyani Sa’adah (D4 Teknologi Laboratorium Medis) dan Tifany Ade Yaumulia A (S1 PGSD).

Menurut Rektor UMKU, mereka nanti akan bergabung dengan sebanyak 1.018 mahasiswa se Indonesia yang akan dipusatkan di Makasar Sulawesi Selatan. 
Jumlah tersebut merupakan gabungan dari 47 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia.

"Nantinya sekitar 1.000 lebih peserta KKN bakal ditempatkan di 100 Desa dari tiga kabupaten dengan rinciannya, 40 desa di Gowa, 30 desa di Takalar, dan 30 desa Maros.  Keenam mahasiswa dari UMKU  dipastikan akan memperoleh plot penempatan di Kabupaten Gowa sesuaimaping penempatan oleh koordiinator dari pusat," kata Rektor.

Rusnoto dalam pesannya kepada mahasiswa, mengingatkan akan pentingnya menjaga integritas dan senantiasa mengamalkan nilai-nilai muhammadiyah dan meningkatkan kedisiplinan saat di lokasi pengabdian.

"Ini merupakan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyah, Selamat berkarya bagi mahasiswa yang terpilih, gunakan kesempatan ini untuk belajar dan menebarkan manfaat kepada masyarakat. Jaga diri baik-baik dan bawa nama harum kampus serta amalkan selalu nilai-nilai kemuhammadiyahan di tempat pengabdian," ujar Dr. Rusnoto.

Senada, ketua LPPM UMKU Noor Cholifah mengatakan, secara spesifik pembekalan juga menekankan pentingnya integritas diri dan aplikasi keilmuan.

"Tahun ini kami menerjunkan enam mahasiswa untuk KKN Mas tingkat nasional  yang akan berlangsung di Kabupaten Gowa. Pengalaman KKN kelompok bersama perguruan tinggi lain akan menambah khasanah pengalaman dan keilmuan bagi mahasiswa peserta KKN," ungkap dia.

Kegiatan KKN MAs periode Tahun 2022 yang fokuskan di Provinsi Sulawesi Selatan akan berlangsung selama satu minggu dengan prioritas program pada tanggal 3 Agustus – 8 September 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved