Berita Karanganyar

Program Kejar 1 Juta Batang, Mentan Cek Lokasi Bakal Sentra Kelapa Genjah di Karanganyar

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo mengecek kesiapan program nasional kelapa genjah sebar (Kejar) 1 juta batang di Bukit Sosogan Desa Rejosari, Kecamatan

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo meninjau lokasi penanaman bibit kelapa genjah di Bukit Sosogan Desa Rejosari Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, Sabtu (6/8/2022) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Syahrul Yasin Limpo mengecek kesiapan program nasional kelapa genjah sebar (Kejar) 1 juta batang di Bukit Sosogan Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (6/8/2022).

Wilayah Desa Rejosari Kecamatan Gondangrejo menjadi salah satu lokasi penanaman bibit kelapa genjah varietas pandan wangi di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Adapun penanaman bibit dalam rangka program nasional Kejar 1 juta batang tersebut rencananya akan dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Kabupaten Karanganyar mendapatkan alokasi 59 ribu batang kelapa genjah yang akan ditanam di 50 desa tersebar di 11 kecamatan. 

Selain bibit kelapa genjah, ada komoditas lain yang akan ditanam yakni bibit kedelai sebanyak 16 ton, jagung 668 ton dan cabai 39,2 ton. Adapun komoditas tersebut tidak hanya ditanam di kawasan saja melainkan juga pekarangan rumah warga.

Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, penanaman komoditas lain berupa kedelai, cabai dan jagung dilakukan supaya para petani bisa mendapatkan hasil lain sembari menunggu waktu panen kelapa genjah.

"Kalau kelapa genjah iu kan dua tahun baru berbuah, nah selama dua tahun itu kan bisa menanam tanaman lain seperti jagung dan cabe, kedelai," katanya di sela meninjau lokasi penanaman kelapa genjah di Bukit Sosogan Desa Rejosari.

Sekda Karanganyar, Sutarno mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian terkait program Kejar 1 batang. Di Rejosari nanti akan ditanam sebanyak 1.100 bibit kelapa genjah varietas pandan wangi. Sedangkan keseluruhan di Kabupaten Karanganyar akan ditanam sejumlah 59 ribu bibit kelapa genjah.

"Petunjuk dari Pak Menteri untuk dipersiapkan lahan ditanami jagung dan kedelai. Kita cairkan, kita eskalasi dan kita konsultasikan dengan dirjen terkait lokasi mana yang cocok ditanami," terangnya. 

Kepala Dispertan PP Karanganyar, Siti Maesaroh menambahkan, wilayah Rejosari yang dulunya kering kerontang akan dikembangkan menjadi lahan hijau dengan program penanaman bibit kelapa genjah.

"Di Rejosari ini akan ditanam kelapa genjah jenis pandan wangi yang siap dimakan segar (hasil panen) supaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Daerah lain (wilayah Kabupaten Karanganyar) akan ditanam kelapa genjah jenis kuning bali yang nanti bisa dibuat menjadi gula semut," jelasnya. (Ais).

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved