Berita Kudus

BPJS Kesehatan Kudus‎ Targetkan Kuota PBI JKN 7.000 Jiwa Terpenuhi di Grobogan

BPJS Kesehatan Kudus menggenjot pemenuhan kuota Penerima Bantuan Iuran JKN.

Penulis: raka f pujangga | Editor: sujarwo
Dok. BPJS Kesehatan Kudus
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Agustian Fardianto bersama Sekretaris Daerah kabupaten Grobogan, Muhammad Sumarsono saat Sosialisasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) kepada operator tingkat desa di Grobogan, Senin (8/8/2022) ?. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - BPJS Kesehatan Kudus menggenjot pemenuhan kuota Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Sosialisasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) kepada operator tingkat desa di Grobogan, Senin (8/8/2022) ‎.

Kegiatan itu digelar bekerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Grobogan.

Sekretaris Daerah kabupaten Grobogan, Muhammad Sumarsono mengatakan, sebagaimana diketahui Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara  Jaminan Sosial dan Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja serta peraturan  turunannya menunjukkan komitmen negara dan pemerintah dalam memberikan kepastian  perlindungan Jaminan Kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia melalui Badan Penyelenggara  Jaminan Sosial (BPJS).

"Kegiatan sosialisasi ini ditujukan untuk menyisir penduduk Kabupaten Grobogan yang belum memiliki  Jaminan Kesehatan. Di samping itu juga untuk peningkatan kualitas SDM bagi pengelola Data Terpadu  Kesejahteraan Sosial (DTKS) desa/kelurahan se Kabpaten Grobogan dalam memahami mekanisme  pengusulan peserta PBI melalui aplikasi SIKS-NG agar dapat berjalan dengan optimal," ujarnya, dalam keterangan persnya, Selasa (9/8/2022).

Dia melanjutkan, ini merupakan upaya keseriusan Pemerintah Kabupaten Grobogan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi penduduk. 

"Kami akan berkoordinasi dan bersinergi lebih optimal  dengan berbagai pihak agar Kabupaten Grobogan bisa mewujudkan Universal Health Coverage (UHC)," ujar dia.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Agustian Fardianto mengatakan, dalam Rencana  Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN) di tahun 2024 minimal 98 persen dari total penduduk  Indonesia sudah tercakup JKN. 

Di Kabupaten Grobogan saat ini jumlah peserta JKN yang sudah terdaftar dan aktif sekitar 77 persen. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Agustian Fardianto bersama Sekretaris Daerah kabupaten Grobogan, Muhammad Sumarsono saat Sosialisasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) kepada operator tingkat desa di Grobogan, Senin (8/8/2022) ?.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Agustian Fardianto bersama Sekretaris Daerah kabupaten Grobogan, Muhammad Sumarsono saat Sosialisasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) kepada operator tingkat desa di Grobogan, Senin (8/8/2022) ?. (Dok. BPJS Kesehatan Kudus)

Mudah-mudahan dengan pemenuhan kuota ini, bersama- sama dengan kabupaten lain di seluruh Indonesia dapat menuju angka ideal 98 persen.

Upaya tersebut semata-mata untuk kepentingan seluruh masyarakat di Kabupaten Grobogan.

"Saat ini sudah dirasakan manfaat Program JKN oleh banyak masyarakat, hal ini terbukti melalui tingkat kepuasan peserta sudah mencapai poin 86. Jadi dalam hal ini yang bergerak tidak hanya BPJS Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kesehatan bahkan sampai  tingkat pemerintahan desa pun tetep melayani masyarakat atau peserta JKN dengan prima," ungkap  Ardi.

Pemenuhan data usulan PBI JK dapat dilakukan pengertian secara bertahap pada aplikasi SIKS-NG.  

Sayangnya beberapa kali kesempatan pemenuhannya, kuota PBI JK di kabupaten Grobogan belum optimal. 

Pihaknya harapkan output sosialisasi saat ini dapat terpenuhi kuota PBI JK bulan Agustus ini yang dibuka  sekitar 7.000 jiwa.

"Harapannya operator SIKS-NG desa sudah lancar dalam  mengoperasionalkan aplikasi SIKS-NG sehingga dapat memenuhi kuota PBI JK yang disediakan per  kabupaten sampai nanti ditetapkan per desa," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved