Berita Kajen

Peletakan Gedung Baru BPS, Ini Harapan Sekda Kabupaten Pekalongan 

Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar meletakkan batu pertama pembangunan gedung badan pusat statistik (BPS)

Dok Prokompim Kabupaten Pekalongan
Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar saat meletakkan batu pertama gedung BPS Kabupaten Pekalongan 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar meletakkan batu pertama pembangunan gedung badan pusat statistik (BPS) di Jalan Rinjani, kompleks alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Sekda Kabupaten Pekalongan Akbar mengungkapkan, syukur atas dimulainya pembangunan gedung BPS di Kajen. Sebelumnya, gedung BPS berada di wilayah Kecamatan Wiradesa, namun pada 3 Desember 2018 mengalami kebakaran.

"Alhamdulillah akhirnya setelah empat tahun berlalu, BPS bisa membangun gedung baru," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar saat rilis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (11/8/2022).

Pihaknya merasa senang dengan pindahnya BPS ke wilayah Kajen yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Pekalongan dan juga pusat hampir seluruh layanan publik.

"Ini semakin mewujudkan cita-cita para pendahulu kita, agar seluruh kantor pelayanan publik bertempat di Kajen," imbuhnya.

Sekda berharap dengan pindahnya Kantor BPS ke Kajen, masyarakat akan terbantu dan juga akan mempercepat proses komunikasi dan koordinasi antar kantor pemerintah atau OPD dengan BPS.

"Pindahnya BPS ini, kami dari Pemkab Pekalongan tentunya memiliki ekspektasi yang besar agar proses komunikasi dan koordinasi yang lebih cepat. Sehingga, membantu kami lebih cepat dalam menyajikan data."

"Masyarakat juga, pastinya berharap banyak akan ketersediaan data karena penggunanya juga seluruh masyarakat," imbuhnya.

Akbar menambahkan, pindahnya BPS ke Kajen dapat meningkatkan pengetahuan OPD di Kabupaten Pekalongan tentang data-data.

Selain itu juga, pihaknya meminta kepada agar BPS selalu menjadi mitra Pemkab Pekalongan dengan menyediakan data-data yang valid dan akurat, serta bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga, program-program dan pembangunan di Kabupaten Pekalongan dapat tepat sasaran.

"Saya berharap BPS nanti bisa sharing dengan Pemkab Pekalongan. Kami Insya Allah siap."

"Data-data dari BPS ini, menjadi salah satu indikator yang digunakan oleh pemerintah pusat dalam menentukan alokasi anggaran dan program," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Pekalongan Siti Mardiyah mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pekalongan atas hibah tanah sebesar 1.500 meter persegi untuk pembangunan gedung.

"Alhamdulillah tanah ini dapat kami sertifikatkan dan balik nama pada tahun 2021, kami lakukan pematangan lahan, pengurugan dan pembuatan palung," katanya.

Pihaknya menjelaskan, bahwa luas bangunan kantor BPS Kabupaten Pekalongan direncanakan 670 meter persegi dengan 2 lantai. (Dro)

Baca juga: Lepas Kontingen Jambore Nasional, Ini Harapan Sekda Kabupaten Pekalongan

Baca juga: Pejalan Kaki Tewas Ditabrak Innova di Karanganyar, Polisi: Sempat Terserempet Motor Tidak Dikenal

Baca juga: Delfin Rumbino Berharap PSIS Curi Poin di Kandang Persib

Baca juga: Efektifitas Quizizz Untuk Penilaian Matematika di SMA

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved