Berita Sragen

278 Narapidana di Lapas Kelas IIA Sragen Terima Remisi, Empat Bebas Langsung

Sebanyak 278 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen menerima remisi empat diantaranya bebas langsung.

Istimewa/ Lapas Kelas IIA Sragen
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyerahkan remisi kepada narapidana yang bebas di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati, Rabu (17/8/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Sebanyak 278 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen menerima remisi empat diantaranya bebas langsung.

Remisi tersebut diberikan dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Remisi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Pendapa Sumonegaran Sragen, Rabu (17/8/2022).

Sebelum pemberian remisi, acara di awali dengan mengikuti upacara detik-detik proklamasi dari istana negara secara daring. Kegiatan ini diikuti Bupati, Wakil Bupati, jajaran Forkopimda serta Kalapas Sragen, Purwoko Suryo Pranoto.

Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Kelas IIA Sragen Agung Hascahyo, menjelaskan jumlah warga binaan yang diusulkan untuk mendapat remisi pada HUT Kemerdekaan sebanyak 278 orang, seluruhnya mendapatkan remisi.

"Sebanyak 278 orang warga binaan mendapat remisi kemerdekaan. Empat diantaranya bebas langsung, dari kasus pencurian dan perampokan," kata Agung kepada Tribunjateng.com.

Agung menjelaskan seluruh warga binaan yang diusulkan mendapatkan remisi kemerdekaan telah memperoleh. Berbeda dari tahun lalu, kata Agung ada beberapa usulan remisi warga binaan yang tidak di setujui.

Agung menerangkan narapidana memperoleh remisi bervariasi, mulai dari remisi satu bulan hingga enam bulan. Sementara yang menerima secara simbolis hanya dua warga binaan.

Dia memerinci remisi satu bulan diberikan kepada 47 orang, remisi dua bulan diberikan kepada 46 orang, remisi tiga bulan diserahkan kepada 57 orang, remisi empat bulan diberikan kepada 15 orang, remisi lima bulan untuk 16 orang dan remisi enam bulan untuk 1 orang.

Narapidana yang mendapatkan remisi ialah napi yang berkelakuan baik dan sudah menjalani hukuman minimal enam bulan. Pemberian remisi sendiri, dikatakan Agung berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 99/2012.

Sementara itu, jumlah narapidana dan tahanan di LP Kelas IIA Sragen sebanyak 483 orang. Sebanyak 41 orang merupakan tahanan dan 442 orang merupakan narapidana. (uti)

Baca juga: Jadwal Kapal Karimunjawa Express Bahari Jepara Kamis, 18 Agustus 2022

Baca juga: Pesan Menohok Nelayan Tambakrejo Semarang ke Pemerintah dengan Simbol Lomba Panjat Pinang

Baca juga: 242 Narapidana di Kota Pekalongan Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

Baca juga: Reaksi Abah Lala Saat Lagu Ojo Dibandingke Dinyanyikan Farel Prayoga di Depan Presiden Jokowi

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved