Berita Viral

Kisah 2 Putri Presiden Soekarno dan Cucu Presiden Soeharto Saat Jadi Paskibraka dan Pembawa Baki

Ternyata, para putri presiden RI dan cucu presiden juga ada yang pernah mengemban tugas jadi paskibraka dan pembawa baki

Editor: muslimah
kolase Intisari
Putri Presiden Soekarno dan cucu Presiden Soeharto pernah jadi paskibraka pembawa baki, dari kiri: Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarno Putri, dan Danty Rukmana. 

TRIBUNJATENG.COM – Setiap kali upacara detik-detik proklamasi memperingati HUT Republik Indonesia, penambilan pasukan pengibar bendera puasaka (Paskibraka) senantiasa mendapatkan sorotan.

Terutama sosok pembawa benderanya.

Ternyata, para putri presiden RI dan cucu presiden juga ada yang pernah mengemban tugas tersebut.

Tentu saja ini menjadi pengalaman tak terlupakan bagi mereka.

Baca juga: Samuel Cerita Brigadir J Menabung Untuk Pernikahan, Heran Rekening Masih Disita: Mau Diapain Lagi?

Baca juga: Apa Itu Dirgahayu? 8 Cara Penulisan Ucapan Hari Ulangahun Kemerdekaan RI yang Benar

Megawati Soekarnoputri, Presiden kelima Republik Indonesia, menceritakan pengalamannya saat menjadi pembawa baki bendera pusaka

Megawati menjadi pembawa bendera pusaka sebagai salah satu pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan HUT RI ke-19 tahun 1964.

Ketika itu, Megawati membawa bendera pusaka asli yang dijahit ibunya, Fatmawati.

Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader tidak bicara soal manuver-manuver demi Pilpres 2024. Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan(PDIP) di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan,dibuka langsung oleh Megawati Soekarnoputri, Selasa (21/6/2022).
Megawati Soekarnoputri 

“Saya pun sebetulnya Purna-(Paskibraka) juga. Karena saya pernah menjadi seperti kalian. Pembawa bendera pusaka,” kata Megawati, saat memberikan pengarahan kepada Purna-Paskibraka Duta Pancasila di Istana Merdeka, seperti ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, mengutip Kompas.com (19/8/2021).

“Kalau saya waktu itu Alhamdulillah masih asli. Saya yang membawa,” kata Megawati.

Megawati juga mengungkapkan sejarah bendera Merah Putih, yang warna merah dan putih diambil dari umbul-umbul pada zaman kerajaan Majapahit.

Halaman
123
Sumber: Intisari
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved