Breaking News:

Harga Telur Naik

Ini Cara Pelaku UMKM di Karanganyar Siasati Harga Telur Yang Naik

Pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Karanganyar menggunakan bahan pengganti guna menyiasati harga telur ayam broiler yang mengalami kenaikan. 

Penulis: Agus Iswadi | Editor: rival al manaf
Ilustrasi
Seorang pekerja menyetorkan telur ke pedagang di Pasar Jungke Kecamatan/Kabupaten Karanganyar 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Karanganyar menggunakan bahan pengganti guna menyiasati harga telur ayam broiler yang mengalami kenaikan. 

Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar, harga telur ayam boiler di 12 pasar tradisional wilayah Kabupaten Karanganyar berkisar Rp 27,5 ribu per Kg hingga Rp 32 ribu per Kg pada Senin (29/8/2022). 

Pelaku UMKM, Sudrajat menyampaikan, sudah tidak menggunakan telur ayam broiler sebagai bahan pembuatan kukis brownies sejak 1 bulan terakhir. Dia terpaksa menggunakan bahan pengganti karena harga telur yang terus mengalami kenaikan. 

"Harga Rp 23 ribu per Kg masih pakai telur, di atas itu sudah tidak pakai lagi," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (29/8/2022). 

Dia biasanya membutuhkan telur ayam satu krat ukuran 15 Kg untuk sekali produksi. Secara kualitas memang ada perbedaan antara menggunakan telur ayam dengan bahan pengganti lainnya yang aman untuk dikonsumsi. 

"Pengaruhnya (tidak pakai telur) agak (brownies) keras sedikit," ucapnya. 

Saat ini dia tetap mempertahankan harga jual kukis brownies sebesar Rp 15 ribu per pcs. Dia memilih sedikit mengurangi kualitas produk untuk dapat bertahan seiring harga jual telur ayam broiler yang terus mengalami kenaikan. 

"Harga jual (brownies) tidak ada perubahan supaya kita masih bisa jual. Kita agak mengurangi kualitas. Kalau kualitas sama, harga sama ya sesok kukutan, kan tidak ada subsidi," jelas Drajat sapaan akrabnya. (Ais). 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved