Berita Karanganyar

SMKN Jatipuro Karanganyar Gelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis, Bentuk Latihan Demokrasi

SMKN Jatipuro Karanganyar gelar Milih Ketua Osis (MILKOI) masa bakti 2022/2023.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Dok. SMKN Jatipuro
Siswa SMKN Jatipuro menggelar pemungutan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS di sekolah pada Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - SMKN Jatipuro Karanganyar menggelar kegiatan Milih Ketua Osis (MILKOI) masa bakti 2022/2023 sebagai bentuk pelatihan demokrasi kepada warga sekolah.

Kegiatan tersebut disesuaikan dengan jadwal pemilihan seperti halnya penyelenggaraan pesta demokrasi yang dilakukan oleh KPU Karanganyar, dimulai dengan pembentukan komisi pemilihan, sosialisasi kegiatan, pemetaan dan penyusunan calon pemilih, penjaringan calon ketua, penetapan calon, kampanye secara online, debat terbuka, masa tenang hingga pemungutan serta perhitungan hingga penetapan calon ketua. Tahap tersebut digelar pada Agustus 2022.

Dari 60 peserta calon ketua dari kelas X hingga XI akhirnya disaring menjadi tiga paslon. Ada 1.129 pemilih dalam pemilihan ketua tersebut baik itu siswa kelas X-XI dan para guru.

Dalam rangka mengakomodir para pemilih yang tengah melakukan PKL di luar sekolah juga disiapkan layanan pemilihan secara daring selain disediakan keras suara.

Kepala SMKN 1 Jatipuro, Sri Eka Lelana menyampaikan, melalui pemilihan ini diharapkan dapat menghasilkan ketua dan wakil OSIS yang dapat membawa perubahan dan paradigma berorganisasi yang baik bagi para siswa. \

Tahapan pemungutan suara dilakukan pada Rabu (31/8/2022) pukul 08.00.

"Pesta demokrasi yang diadakan setahun sekali ini menjadi wadah pendidikan demokrasi yang sebenarnya. Sehingga mampu mengaktualisasi nilai-nilai demokrasi," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com.

Di sisi lain, para siswa nantinya juga akan menjadi pemilih pemula ketika diselenggarakan pesta demokrasi. Dalam kesemapatan tersebut para petugas di TPS juga mengenakan pakaian adat jawa ketika pelaksanaan pemungutan suara. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved