Kesehatan

9 Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan

Bunga telang memiliki berbagai manfaat, salah satunya menurunkan berat badan.

Editor: sujarwo
Budi Santoso/BKSDA Jateng
Bunga telang atau kacang kupu 

TRIBUNJATENG.COM - Ada sejumlah manfaat bunga telang bagi kesehatan. Misalnya, membantu menurunkan berat badan, detoksifikasi tubuh, menenangkan pikiran, meningkatkan kesehatan kulit, dan pertumbuhan rambut.

Manfaat bunga telang bisa didapatkan dengan menyeduhnya dan meminum teh bunga telang. 

Ciri khas bunga telang atau kembang telang adalah memiliki kelopak berwarna biru cerah dan telah digunakan sebagai bahan dalam minuman teh herbal di seluruh wilayah selama berabad-abad serta digunakan untuk memasak. 

Kelopaknya tersebut memberikan warna biru ketika direndam dalam air hangat atau panas, sehingga dapat digunakan sebagai pewarna pada berbagai hidangan tradisional.

Bunga telang atau Clitoria ternatea adalah tanaman dari famili Fabaceae dan umumnya ditemukan di seluruh negara Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, India, dan Sri Lanka.

Manfaat bunga telang untuk kesehatan 

Teh bunga telang Bunga telang mengandung banyak antioksidan kuat seperti polifenol, tanin, katekin, serta fitonutrien berharga yang berperan dalam peningkatan memori otak, antihiperlipidemia, antihiperglikemik, dan analgesik.

Dirangkum dari laman Netmeds.com dan Medicinenet.com, berikut manfaat bunga telang bagi kesehatan:

1. Memperlancar pencernaan

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat khasiat bunga telang dapat memperlancar sistem pencernaan. Minum secangkir teh bunga telang sekali atau dua kali seminggu dengan perut kosong dapat membantu mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam sistem pencernaan

2. Memperbaiki suasana hati

Selanjutnya, dengan meminum teh bunga telang yakni dipercaya memiliki efek penghilang stres yang juga membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Hal ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, mempengaruhi emosi positif dan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

3. Membantu menurunkan berat badan

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved