Berita Solo

Mahasiswa Solo Raya Demo Minta Pemerintah Turunkan Harga BBM di Depan DPRD, Beri Waktu 2 Hari

Seribuan mahasiswa yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Solidaritas Perlawanan Solo Raya (Sodara) melakukan aksi demonstrasi

Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Perlawanan Solo Raya (Sodara) saat melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Kota Solo, Kamis (8/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Seribuan mahasiswa yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Solidaritas Perlawanan Solo Raya (Sodara) melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Kota Solo, Kamis (8/9/2022).

Mereka datang meminta DPRD Kota Solo untuk memfasilitasi aspirasi yang mereka suarakan pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Koordinator Aksi, Addien Syam menyampaikan, pihaknya meminta pemerintah untuk segera menurunkan harga BBM dalam waktu 2x24 jam. Hal itu karena BBM menjadi tolok ukur harga dari seluruh komoditas.  

"Meski tidak sepenuhnya turun, minimal ada pengurangan," ungkapnya.

Addien menyampaikan, subsidi yang diberikan oleh pemerintah pascakenaikan harga BBM bukan solusi yang tepat.

Bila mengacu pada Upah Minimum Regional (UMR) di Kota Solo, subsidi tersebut tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga dengan 2 anak. 

"Kalau mengacu pada BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, red), keluarga dengan 2 anak itu tidak bisa untuk mencapai kesejahteraan dengan gaji UMR ditambah dengan kenaikan harga BBM," terangnya.

Selain menuntut turunnya harga BBM, mereka juga menuntut pemerintah mengendalikan harga bahan makanan pokok, menunda sementara proyek strategis nasional, dan merevisi pasal-pasal karet yang ada RKUHP.

Mereka melakukan demonstrasi sejak pukul 12.30 WIB dengan berbondong-bondong datang dan memadati Jalan Adi Sucipto yang berada di depan Gedung DPRD Kota Solo. 

Berbagai orasi pun disampaikan secara bergantian kepada sekitar 1.500 massa yang hadir.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved