Berita Semarang

Alasan Polda Jateng Kirim Tes DNA Mayat Diduga Iwan PNS Kota Semarang ke Mabes Polri, Butuh 2 Minggu

Puslabfor Polda Jateng tidak bisa melakukan pengetesan DNA jenazah diduga pegawai Bapenda Kota Semarang Iwan Budi yang ditemukan terbakar tanpa kepala

istimewa
Iwan Budi dan kondisi motor hangus terbakar 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puslabfor Polda Jateng tidak bisa melakukan pengetesan DNA jenazah diduga pegawai Bapenda Kota Semarang Iwan Budi yang ditemukan terbakar tanpa kepala di semak-semak jalan Marina Raya Semarang Barat.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan tes DNA mayat di Marina akan dikirim ke Puslabfor Mabes Polri

Faktor yang menyebabkan sampel DNA dikirim ke Mabes Polri  dikarenakan alat di Puslabfor Polda Jateng saat ini baru perbaikan (Maintenance).

"Tes DNA penemuan mayat di Marina dikirim ke Puslabfor Mabes untuk keakuratan.

Alat di Puslabfor Polda jatreng saat ini baru maintenance,"ujarnya melalui keterangan pers tertulis, Minggu (11/9/2022).

Menurutnya, biasanya pengetesan cukup dilakukan di Puslabfor Semarang. Alat dan Sumber Daya Manusia (SDM) mampu melakukan pengetesan DNA.

"Hanya karena sedang maintenance kita kirim ke Jakarta," ujarnya.

Estimasi waktu pengetesan DNA diperlukan waktu cukup lama. Dirinya menyebut estimasi hasil tes DNA keluar sekitar 2 Minggu.

"Hasilnya keluar sekitar dua minggu," tandasnya.

Dikutip dari berbagai sumber, tes DNA merujuk kepada tes genetik yang dilakukan untuk mengidentfikasi perubahan pada gen kromosom atau protein dalam tubuh.

Pengujian genetik melibatkan pemeriksaan DNA.

DNA merupakan molekul yang menyimpan semua informasi gentetik dan membawa instruksi untuk fungsi tubuh.

DNA yang menentukan jenis rambut warna kulit dan sifat-sifat manusia. Tes DNA melibatkan pengambilan sampel jaringan tubuh yang nantinya diteliti di laboratorium. 

Hampir seluruh bagian tubuh dapat digunakan untuk sampel tes. Tetapi yang paling sering digunakan yaitu darah, rambut, air liur, dan kuku.

Baca juga: Siswi SMA di Karanganyar Nyaris Melahirkan saat pelajaran Olahraga, Akhirnya Dinikahkan

Baca juga: Kasus Tewasnya Santri Ponpes Gontor, Ketum PP Muhammadyah Haedar Nashir: Tuntaskan Secara Hukum

Bangkai motor Vario Iwan hangus terbakar. Iwan ditemukan meninggal di Jalan Marina Raya Semarang Kamis 8 Agustus 2022
Bangkai motor Vario Iwan hangus terbakar. Iwan ditemukan meninggal di Jalan Marina Raya Semarang Kamis 8 Agustus 2022 (Humas Polrestabes Semarang)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved