Berita Karanganyar

BPBD Karanganyar Berikan Penyuluhan Tentang Kebencanaan Sejak Dini Kepada Anak Sekolah

Pihak BPBD Karanganyar beri penyuluhan terkait kebencanaan sejak dini kepada siswa.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Dok. BPBD Karanganyar
Anggota memberikan edukasi kepada siswa tentang vertikal rescue di Kantor BPBD Karanganyar, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pihak BPBD Kabupaten Karanganyar memberikan penyuluhan terkait kebencanaan sejak dini kepada anak sekolah.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko menyampaikan, ada sebanyak 61 siswa SD kelas 3 dari SDIT MTA Matesih yang menjadi peserta sosialisasi tentang kebencanaan. Kegiatan ini merupakan permintaan dari lembaga sekolah untuk mengisi jeda pembelajaran dengan melakukan outing class.

Lantaran peserta sosialisasi kali ini merupakan anak-anak, lanjutnya pemberian materi dikemas dengan permainan supaya lebih mudah diterima dan dipahami oleh para anak-anak.

"Sebenarnya kita sudah sering mengadakan kegiatan seperti ini. Kita manfaatkan untuk sosialisasi dan edukasi kepada adik-adik terkait kebencanaan. Materi soal penyelamatan ketika ada gempa, pengenalan awal mitigasi dan beberapa peralatan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (13/9/2022).

Anggota memberikan edukasi kepada siswa tentang vertikal rescue di Kantor BPBD Karanganyar, Selasa (13/9/2022).
Anggota memberikan edukasi kepada siswa tentang vertikal rescue di Kantor BPBD Karanganyar, Selasa (13/9/2022). (Dok. BPBD Karanganyar)

Pihak BPBD membuka kesempatan kepada lembaga pendidikan khususnya jenjang TK dan SD untuk bekerja sama mengadakan kegiatan sosialisasi tentang kebencanaan. Menurutnya adanya sosialisasi tentang kebencanaan sejak dini penting untuk menyiapkan kemandirian dari anak-anak manakala terjadi bencana alam.

"Mereka (anak-anak) termasuk dalam kelompok rentan. Adanya pengenalan kebencanaan secara otomatis menambah pengetahuan mereka," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved