Berita Ungaran

Warga Datangi Kecamatan Ungaran Timur, Ratusan Orang Antre Ambil Jatah BLT dan BST Rp 500 Ribu

Para warga di Kecamatan Ungaran Timur ramai-ramai mendatangi kantor kecamatan.

Penulis: Reza Gustav Pradana | Editor: sujarwo
Dok. Diskominfo Kabupaten Semarang
Antrean warga hendak mengambil bantuan langsung tunai di Aula Kantor Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Sabtu (10/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Para warga di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ramai-ramai mendatangi kantor kecamatan setempat pada Sabtu (10/9/2022) kemarin.

Tampak seribuan warga datang dan ratusan sebagiannya mengantre untuk mengambil bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan sembako tunai (BST) sejak pagi hari.

Terlihat juga anggota Polri dan TNI yang berjaga di sana, tepatnya berada di depan pintu masuk untuk mengatur warga bergiliran masuk ke aula dan mengambil bantuan tersebut.

Seorang warga yang turut mengantre hendak mengambil BLT dan BST tersebut, Rukiyem (52), mengatakan bahwa uang bantuan itu akan digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

“Karena harganya pada naik,” ujarnya.

Warga menerima bantuan langsung tunai di Aula Kantor Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Sabtu (10/9/2022).
Warga menerima bantuan langsung tunai di Aula Kantor Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Sabtu (10/9/2022). (Dok. Diskominfo Kabupaten Semarang)

Bantuan-bantuan itu sendiri diberikan dengan tujuan mendukung daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga BBM yang diumumkan pada Sabtu (3/9/2022) lalu.

Dari penuturan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Ungaran Timur, Ary Prasetyawan, antrean warga pada saat itu berjumlah sekitar seribuan.

“Terdapat lebih dari seribu warga.

Warga tersebut dari tiga desa, yaitu Kawengan, Mluweh dan Kalikayen yang mendapat giliran mengambil BLT pada jam ini,” terangnya, berdasarkan keterangan tertulis dari Diskominfo Kabupaten Semarang.

Ary menyebutkan bahwa pembagian tersebut dari pihaknya tak hanya dilakukan di aula Kecamatan Ungaran Timur, tapi juga di Balai Desa Kalongan untuk warga dari tujuh desa/kelurahan lainnya di kecamatan setempat.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Semarang, Ida Maftucha mengatakan bahwa pemberian bantuan itu dilakukan oleh pihaknya bekerjasama dengan PT Pos Indonesia Cabang Ungaran dan Salatiga.

Disebutkannya, masing-masing warga mendapat bantuan sebanyak total Rp 500 ribu.

“Untuk jumlah total keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Semarang yaitu sebanyak 65.082.

Mereka akan menerima bantuan masing-masing Rp 500 ribu.

Bantuan itu terdiri dari BLT BBM Tahap I yang diberikan pada September 2022 ini senilai Rp 300 ribu dan untuk BST sebesar Rp 200 ribu,” katanya.

Humas Satgas BLT PT Pos Cabang Ungaran, Dwi Iriyanti Sulistyowati menjelaskan, pihaknya menyalurkan bantuan di 10 kecamatan di wilayah utara Kabupaten Semarang.

“Sedangkan untuk sembilan kecamatan lainnya yang berada di wilayah selatan dilayani oleh kantor cabang Salatiga,” pungkasnya. (*)
 
 

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved