Berita Jateng

Nahkodai Forpis Jateng, Kania Ingin Relawan PMR Kompak

Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Jawa Tengag memilih koordinator daerah baru yang diikuti 66 orang anggota PMR tingkat Wira seluruh daerah.

Penulis: iwan Arifianto | Editor: raka f pujangga
Istimewa/Humas PMI Jateng
Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) melakukan Konferensi PMR tingkat Jawa Tengah di Pusdiklat PMI Jateng, Kota Semarang, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNJATENG, SEMARANG - Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) baru saja melangsungkan Konferensi PMR tingkat Jawa Tengah di Pusdiklat PMI Jateng, Kota Semarang, Kamis (15/9/2022).

Relawan kemanusiaan generasi muda tersebut memilih koordinator daerah baru yang diikuti 66 orang anggota PMR tingkat Wira dari daerah seluruh Jateng.

Selepas beberapa proses seleksi dan presentasi kandidat, terpilih Koordinator Forpis tingkat Jawa Tengah yaitu Christerra Kaniati Stella, anggota PMR Wira SMA Regina Pacis asal Kota Surakarta.

Ia menggantikan Hanum Khumairoh, anggota PMR Wira SMAN 1 Karanganom, Kabupaten Klaten. 

“Saya merasa terhormat mendapat kepercayaan ini, saya sangat mengharapkan kerjasama teman-teman semua agar rencana dan agenda Forpis Jateng ke depan terlaksana dan bermanfaat,” kata Kania.

PMI Jawa Tengah sejauh ini memang konsisten menumbuhkan bibit-bibit relawan muda lewat Forpis.

Musababnya,Palang Merah Remaja (PMR) merupakan generasi muda PMI yang menjadi relawan masa depan PMI. 

“Pembinaan PMR yang baik, bisa menjadi salah satu faktor keberhasilan PMI di masa depan,” ujar Ketua Bidang Anggota dan Relawan PMI Jawa Tengah Frieda Nuzulia RH.

Baca juga: Bupati Kudus HM Hartopo Dorong PMR Jadi Relawan Tanggap Bencana

PMI Provinsi Jawa Tengah secara berkala dan berkelanjutan merencanakan pengembangan PMR, menampung motivasi, idealisme, pengalaman, dan ketrampilan remaja untuk mendukung kemajuan PMI.

Selain itu, selalu berupaya dan mendorong agar kegiatan PMR kembali aktif setelah melalui masa-masa sulit karena pandemi, melalui latihan-latihan rutin, lomba-lomba PMR atau Latihan bersama melalui Forpis di masing-masing Kabupaten/kota.

Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat memotivasi agar pembinaan PMR terus berjalan secara aktif. 

"Anggota PMR yang ikut konferensi tersebut pun agar selalu mengembangkan Tri Bakti PMR yaitu berkarya dan bakti di masyarakat, berperilaku hidup bersih dan sehat, mempererat persahabatan nasional dan internasional,” jelasnya yang juga Psikolog senior di Universitas Diponegoro Semarang.

Konferensi PMR Tingkat Jawa Tengah
Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) melakukan Konferensi PMR tingkat Jawa Tengah di Pusdiklat PMI Jateng, Kota Semarang, Kamis (15/9/2022).

Ketua PMI Jawa Tengah Sarwa Pramana, menuturkan, pihaknya mengapresiasi terhadap Sekolah/Madrasah dan PMI Kabupaten/Kota yang terus aktif melakukan pembinaan PMR.

Hal itu sesuai MOU (kesepakatan) PMI dengan Kemendikbud tahun 2016, bahwa PMI diberi kepercayaan/ amanat oleh Pemerintah untuk membina dan mengembangkan karakter dan semangat kemanusiaan di satuan pendidikan agar memiliki rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

“Atas nama PMI Jateng, kami sampaikan terima kasih atas pembinaan generasi muda PMI di sekolah maupun madrasah," ujar Sarwa Pramana di depan peserta dan pengurus PMI Kabupaten-Kota Se-Jateng saat Pembukaan Latgab.

Ia menambahkan, saat ini lulusan Strata 1 (S1) maupun Strata 2 (S2) bila tidak memiliki karakter dan ketrampilan akan sulit beradaptasi dengan kehidupan saat ini. 

“Anggota PMR harus memiliki karakter positif, berjiwa kepalangmerahan – kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama, agar kelak menjadi pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan berintegritas,” tandasnya.(Iwn)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved