Guru Berkarya

Pemanfaatan Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa

Tantangan dunia pendidikan pada era globalisasi  sekarang ini semakin berat karena dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengembangkan SDM.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Moh. Ali Subhan, SSi., Guru IPA SMP Negeri 8 Pemalang 

Oleh: Moh. Ali Subhan, SSi., Guru IPA SMP Negeri 8 Pemalang

Tantangan dunia pendidikan pada era globalisasi  sekarang ini semakin berat karena dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengembangkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) berkualitas yang mampu menghadapi tantangan globalisasi.

Globalisasi yang ditanda dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, batas antara negara yang semakin menipis dan muncul hegemoni budaya global apabila tidak diantisipasi dengan baik tentu akan membawa dampak negative bagi dunia pendidikan.

Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi di era globalisasi seperti sekarang yang membuat siswa mudah mengakses informasi dan hiburan, disamping memberikan dampak positif juga membawa dampak negative bagi siswa.

Dampak negative yang muncul pada siswa antara lain : Kemampuan siswa berbaur dengan masyarakat berkurang dan cenderung tidak bersosialisasi, Siswa menjadi lebih mudah mengakses konten konten yang tidak sesuai dimedia social dan Mereka lebih banyak waktu untuk mengakses media sosial dibandingkan melakukan aktifitas lain seperti belajar atau beraktivitas luar.

Salah satu strategi yang bisa guru lakukan agar pembelajaran dikelas menjadi lebih menarik dan inovatif misalnya dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Media pembelajaran didefinisikan sebagai sebuah sarana fisik untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Media pembelajaran memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran dikelas, diantaranya meningkatkan perhatian siswa, meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Ada berbagai jenis media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran dikelas seperti : media gambar diam, media gambar bergerak, media audio, media audio visual dan lain-lain.

Pelajaran IPA khususnya materi yang bertema fisika merupakan salah satu topik pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa karena mereka beranggapan bahwa topik tersebut bersifat abstrak dan membutuhkan pengamatan sedangkan pikiran siswa bersifat kongkrit, banyaknya penggunaan bahasa dan istilah latin membuat siswa kesulitan untuk menghafal dan memahami materinya.

Selain itu alokasi waktu pembelajaran dikelas yang terbatas sedangkan jumlah siswa dan materi pelajaran yang dipelajari cukup banyak juga merupakan salah satu alasan mengapa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari IPA.

Oleh karena itu, untuk membantu siswa memahami konsep IPA khususnya materi listrik dinamis topik kuat arus, beda potensial dan hambatan listrik pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Pemalang, Penulis berupaya menyusun pembelajaran yang sistematis, kreatif dan menarik dengan memanfaatkan Multimedia Pembelajaran sebagai media pembelajaran.

Dengan memanfaatkan Multimedia Pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena materi pelajaran menjadi lebih kongkrit, lebih menarik dan lebih jelas sehingga dapat mudah dipahami oleh siswa, dan memungkinkan siswa untuk lebih cepat menguasai tujuan pembelajaran.

Multimedia Pembelajaran adalah suatu media pembelajaran yang merupakan gabungan antara gambar, video, suara , teks dan animasi secara terintegrasi.

Penulis berusaha membantu siswa memahami perbedaan antara kuat arus, beda potensial dan hambatan dengan membuat Multimedia Pembelajaran. Video tersebut dapat menggambarkan perbedaan antara kuat arus, beda potensial dan hambatan. Aplikasi tersebut dibuat dengan memanfaatkan Program Adobe Flash.

Pemanfaatan multimedia sebagai media pembelajaran pada materi Listrik Dinamis  topik kuat arus listrik dan beda potensial pada pembelajaran IPA kelas IX SMP Negeri 8 Pemalang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang abstrak menjadi konkret, sehingga anak dapat dengan mudah memahami materi yang sedang dipelajari.

Hal tersebut pada gilirannya dapat memacu minat anak untuk lebih giat belajar sehingga hasil belajar siswa menjadi semakin meningkat.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved