Berita Kudus

Persiapkan Pembentukan Bappena, DPD PPNI Gelar Simulasi Kebencanaan

DPD PPNI Kudus menggelar simulasi tanggap bencana, Jumat (16/9/2022) di Kantor DPD PPNI Kudus.

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: rival al manaf
Tribun Jateng / Rezanda Akbar D.
Pelatihan Kebencanaan kebakaran yang dilakukan oleh para peserta dari DPD PPNI Kudus. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - DPD PPNI Kudus menggelar simulasi tanggap bencana, Jumat (16/9/2022) di Kantor DPD PPNI Kudus.

Kegiatan yang digelar dalam rangka persiapan pembentukan Badan Penanggulangan Bencana (Bappena) bagi para Nakes di Kudus.

"Dimana Bappena merupakan badan tersendiri dari organisasi DPD PPNI Kudus yang disiapkan untuk penanggulangan bencana juga disinergikan oleh BPBD," kata Sugeng Riyadi, Sekretaris DPD PPNI Kudus kepada Tribunjateng.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari tim inti dan pengurus.

"Semuanya perawat dari seluruh rumah sakit di Kudus serta perwakilan di Puskesmas juga ada institusi kesehatan Kudus," ucapnya.

Kegiatan ini nantinya akan berjalan kurang lebih selama setengah tahun sekali.

Bappena termasuk badan baru yang akan dikukuhkan pada 25 September ini bersamaan dengan kegiatan Rapat Kerja Daerah DPD PPNI Kudus.

Alvin, Kepala Seksi Pencegahan Bencana, mengatakan ada beberapa materi terkait kebencanaan yang diberikan dalam pelatihan Bappena.

"Kegiatan dimulai jam 7, ada beberapa materi yang diberikan terkait ruang resiko bencana, gempa bumi dan bencana kebakaran kemudian dilanjutkan praktek dan simulasi," ucapnya.

Untuk simulasi gempa bumi, para peserta diajarkan untuk berlindung dan menunggu gempa selesai baru menuju ke titik kumpul jalur evakuasi.

Kemudian untuk bencana kebakaran, para peserta juga diajarkan cara untuk memadamkan api dari tabung gas serta menggunakan Apar ketika api menyala.

"Diharapkan teman-teman yang mengikuti pelatihan ini bisa menjadi leader kebencanaan di rumah sakit," tambahnya. (Rad)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved