Berita Regional

Mabes Polri Lepas Pemuda Madiun yang Teribat Hacker Bjorka, Tapi Jadi Tersangka

Pemuda asal Madiun yang ditangkap  Tim Cyber Mabes Polri karena diduga peretas atau hacker Bjorka, akhirnya dipulangkan pada Jumat (16/9/2022).

Editor: m nur huda
Twitter
Ilustrasi 

 

TRIBUNJATEG.COM, MADIUN - Pemuda asal Madiun yang ditangkap Tim Cyber Mabes Polri karena diduga peretas atau hacker Bjorka, akhirnya dipulangkan pada Jumat (16/9/2022).

Pemuda bernisial MAH (21), yang merupakan warga Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, itu dipulangkan oleh anggota Polsek Dagangan sekitar pukul 09.30 WIB.

Namun status MAH ditetapkan sebagai tersangka tak lama setelah ia dibebaskan.

Mabes Polri menyebutkan, MAH berperan sebagai penyedia channel telegram dengan nama channel Bjorkanism. Polisi juga menjelaskan MAH tidak ditahan meski berstatus tersangka.

Melansir pemberitaan Kompas.com, Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Ade Yaya mengatakan MAH ditangkap pada Rabu (14/9/2022).

Kini dia ditetapkan sebagai tersangka, namun polisi tidak menahannya.

"(MAH) Berperan sebagai penyedia channel telegram dengan nama channel Bjorkanism," kata dia. Motifnya, kata Ade, membantu Bjorka terkenal dan mendapatkan uang.

Sepekan sebelum penangkapan, MAH mengeluhkan ponselnya yang diretas. Keluhan itu dia sampaikan pada bos tempat MAH bekerja yakni Zani Dwi Hastanto.

"Dia mengeluh ponselnya di-hack. Jadi tidak bisa kirim pesan via WhatsApp. Sudah semingguan lalu," katanya.  


Bahkan menurutnya, MAH terpaksa meminjam ponsel saudaranya untuk menghubungi Zani. Sebab, saat hendak dipakai, tiba-tiba aplikasi WhatsApp MAH disebut keluar dengan sendirinya. 

Dipulangkan

Prihatin, ibu MAH yang ditemui Kompas.com di kediamannya, membenarkan bahwa anaknya sudah dipulangkan oleh polisi.

"Alhamdulillah anak saya dipulangkan tadi pagi sekitar pukul 09.30 WIB," kata Prihatin.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved