Berita Jepara

Cegah Anemia, Pj Bupati Jepara Canangkan Gerakan Minum Tablet Tambah Darah

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mencanangkan gerakan minum tablet tambah darah (TTD) bagi siswi SMP dan SMA.

Diskominfo Jepara
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat berdialog dengan salah seorang siswa SMPN 2 Jepara, Senin, 19 September 2022.(Dok. Diskominfo Jepara). 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA-Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mencanangkan gerakan minum tablet tambah darah (TTD) bagi siswi SMP dan SMA.

Gerakan ini untuk mencegah anemia pada remaja putri di Kabupaten Jepara. Gerakan ini diawali di Aula SMPN 2 Jepara, Senin, 19 September 2022.

Pencanangan dilakukan secara simbolis oleh Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta kepada siswi, kemudian  meminum tablet tambah darah bersama dan diikuti siswi lainnya.

Acara tersebut juga dihadiri Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, Muh. Ali, Kabag Kesra Setda, Agus Bambang Lelono, Kepala SMPN 2 Jepara Fatkhurrahman, serta para guru dan juga siswa siswi.

Edy Supriyanta menjelaskan, tujuan pemberian TTD ini selain untuk meminimalisir potensi anemia yang berakibat terhadap kesehatan dan prestasi di sekolah. Selain itu, pemberian TTD juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu.

"Gerakan minum tablet tambah darah, tujuannaya agar siswi tidak kekurangan darah atau anemia," kata Edy menjelaskan.

Edy Supriyanta mengungkapkan semua kelompok usia bisa terkena anemia. Kendati demikian, anemia pada remaja putri tentu akan berdampak jangka panjang.

Anemia sering dialami oleh wanita karena makannya tidak teratur, kurang menu asupan zat besi, ditambah lagi setiap bulannya menstruasi sehingga untuk menambah zat besi remaja putri diberikan tablet tambah darah.

Pj Bupati Jepara berharap, dengan gerakan minum tablet tambah darah tersebut siswi remaja putri di Jepara sehat dan tidak terkena anemia. Dirinya berpesan kepada siswa siswi yang hadir, tetap menjaga kesehatan dan terus semangat belajar.

"Jaga kesehatan dan semangat dalam belajar. Mudah-mudahan ilmu yang didapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa," tandasnya. (*)

Baca juga: Bawaslu KabTegal Buka Perekrutan Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan, Ini Persyaratannya

Baca juga: Arus Lalin Jembatan Jurug Padat Saat Jam Kerja, Ambulance dan Truk Muatan Diimbau Lewat Ring Road

Baca juga: Cara Daftar dan Login Aplikasi Penghasil Uang Surveytime.io, Hanya Pakai Facebook

Baca juga: 14 Negara Ini Lolos Piala Asia U20 2023, Malaysia Ambyar, Thailand Cemas, Indonesia dan Vietnam Aman

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved