Berita Semarang

13.353 Penerima Manfaat Segera Dapat BLT BBM Tahap 3 dan 4

Total penerima BLT pada tahap 3 dan 4 di Kota Smarang sebanyak 13.353 penerima manfaat yang tersebar di 16 kecamatan.

TRIBUNJATENG / EKA YULIANTI FAJLIN
Kepala Dinsos Kota Semarang, Heroe Soekendar 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) tahap 3 dan 4 mulai disalurkan di Kota Semarang. 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Heroe Soekendar mengatakan, total penerima BLT pada tahap 3 dan 4 sebanyak 13.353 penerima manfaat yang tersebar di 16 kecamatan. Penyaluran dilakukan melalui PT Pos Indonesia mulai 20 - 23 September 2022. 

Penyaluran dimulai di tiga kecamatan yakni Kecamatan Gunungpati, Pedurungan dan Semarang Barat. Penerima manfaat di Kecamatan Gunungpati sebanyak 1.353 sasaran. Kecamatan Pedurungan sebanyak 875 sasaran, dan Kecamatan Semarang Barat sebanyak 55 sasaran. 

"Hari ini penyaluran di 3 Kecamatan, Gunungpati di aula kecamatan, Pedurungan juga di aula kecamatan, sedangkan Semarang Barat di Kantor Pos Bongsari," kata Heroe, Selasa (20/9/2022). 

Baca juga: Istri Perangkat Desa Diduga Sunat BLT, Ganjar Minta Tindak Tegas

Adapun penyaluran tahap 1 dan 2, lanjut dia, telah tersalirkan sekitar 47 ribu sasaran. Penyaluran tahap 1 dan 2 sudah mencapai 97 persen. Ada tiga persen penerima manfaat yang belum mengambil. 

"Yang tiga persen ini ada beberapa alasan seperti penerima sudah meninggal dan tidak ada ahli waris, atau penerima BLT sudah pindah," terangnya. 

Menurutnya, tidak ada kendala dalam penyaluran BLT BBM. Hanya saja, ada beberapa masyarakat yang mengeluh karena tidak mendapatkan BLT BBM tersebut. Dia menekankan, masyarakat yang mendapat BLT adalah mereka yang datanya sudah terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) dan sudah pernah mendapatkan bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH). 

"Jadi, banyak yang mengeluh tidak mendapat BLT karena datanya yang menentukan itu dari Kemensos sesuai dari DTKS. Tapi nanti dari Pemkot Semarang akan memberikan bantuan bagi warga yang belum mendapatkan bantuan dari Kemensos," paparnya. (eyf) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved