Berita Semarang

Warga Medan Rasakan Semarak Borobudur Marathon melalui Bank Jateng Friendship Run

Semarak Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng kini menjalar ke Medan.

Penulis: hermawan Endra | Editor: sujarwo
Foto IST
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampak sumringah di Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022 di Medan, Sumatera Utara, Minggu (25/9/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Semarak Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 12-13 November 2022 kini menjalar ke Ibu Kota Sumatera Utara. 

Dalam rangkaian event akbar tersebut, Bank Jateng menggelar Bank Jateng Friendship Run. 

Mengusung tagline “Stronger to Victory”, sebelumnya, acara pra-Borobudur Marathon itu telah singgah di Semarang dan Jakarta. Selanjutnya, ajang itu akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Oktober. 

Medan menjadi tuan rumah ketiga Bank Jateng Friendship Run pada Minggu (25/9/2022). Mengambil start dan finish di Istana Maimun Medan dengan rute sepanjang 5 kilometer, Bank Jateng Friendship Run di Medan ini diikuti oleh sekitar 800 runners yang akan menghadirkan perpaduan budaya melalui tarian Kuntulan khas Magelang dan Tarian Zapin khas Melayu sebagai pembuka. 

Dengan biaya pendaftaran Rp 100 ribu, para peserta mendapatkan jersey, BIB, dan kupon pawone. Kemudian, mereka yang berhasil menembus garis finish dengan cut off time 75 menit berhak mendapatkan syal penamat. 

Flag off Bank Jateng Friendship Run dilakukanoleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, sertaWakil Pemimpin Umum Kompas Budiman Tanuredjo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan, hari ini di Medan menarik karena deg-degan semua akibat hujan. Ternyata runners itu lebih suka gerimis gitu.

“Suasananya syahdu gitu. Antusias dan sambutannya luar biasa. Runners ini sebenarnya ingin sekali ikut (Marathon Borobudur) karena tiketnya habis. Makanya kita coba jamu mereka dengan cara kita hadir di kota Medan,” ujar Ganjar menambahkan.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan, Friendship Run di empat kota adalah salah satu inovasi terbaru dari Borobudur Marathon. Ajang itu digelar agar pecinta lari dari sejumlah wilayah di Tanah Air bisa ikut merasakan kemeriahan Borobudur Marathon, walaupun tidak bisa hadir di Magelang, November 2022.

”Pandemi sangat menekan. Sekarang, orang-orang butuh healing (pemulihan), salah satunya melalui olahraga. Tetapi, olahraganya bukan hanya untuk prestasi, melainkan lebih ke rekreasi. Borobudur Marathon menawarkan itu, yaitu berlari di tengah wisata alam, budaya, kuliner, dan (sambutan) warga setempat yang hangat,” kata Budiman Tanuredjo.

”Kita lihat semangat para peserta sangat luar biasa, antusiasme mereka begitu tinggi. Itu menunjukkan, pasca-pandemi, orang-orang rindu bergerak dan berkegiatan bareng,” ungkap Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Antusiasme itu sesuai tema Borobudur Marathon 2022 yang akan digelar di Magelang, Jateng, 12-13 November mendatang. 

”Dengan tema 'Stronger to Victory', kami juga mencoba menyebarkan semangat kebangkitan kepada masyarakat Indonesia yang isinya orang-orang optimistis,” ujar Supriyatno kemudian.

Kegiatan Bank Jateng Friendship Run juga dihadiri Walikota Medan, Bobby Afif Nasution. Kegiatan ini sontak mendapat sambutan baik dari mantu presiden Jokowi itu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved