Unsoed Purwokerto

Dosen UNSOED Simulasi Aplikasi Permainan Edukasi Siswa Tuna Rungu Wicara di SLB B YAKUT Purwokerto

Dosen UNSOED Lakukan Simulasi Aplikasi Permainan Edukasi bagi Siswa Tuna Rungu Wicara di SLB B YAKUT Purwokerto

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
istimewa/unsoed
Dosen UNSOED Lakukan Simulasi Aplikasi Permainan Edukasi bagi Siswa Tuna Rungu Wicara di SLB B YAKUT Purwokerto 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Sebuah aksi nyata dilakukan oleh tim dosen Fakultas Teknik (FT) dan dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed dalam meningkatkan teknologi pembelajaran di era serba digital.

Pada hari Kamis (22/9), tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari dosen FT, dosen FIB, dan beberapa mahasiswa Unsoed melakukan simulasi aplikasi gim edukasi untuk anak tuna rungu wicara di SLB B Yakut Purwokerto.

Gim edukasi yang dihasilkan oleh tim ditampilkan dalam website sekolah pada menu “Edugame”.

Menu ini berisi permainan-permainan untuk meningkatkan pembelajaran di SLB B YAKUT Purwokerto. “Edugame” yang dibuat oleh tim pengabdian terbukti menarik untuk meningkatkan pembelajaran bagi siswa tuna rungu karena selain belajar, siswa juga diajak bermain.

Kegiatan simulasi ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim pada bulan Juli 2022.

Pada saat itu, tim pengabdian menggelar pengabdian masyarakat di SLB B YAKUT Purwokerto bertajuk Peningkatan Teknologi Pembelajaran dan Literasi Media.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi untuk meningkatkan teknologi pembelajaran dan literasi media baik kepada guru maupun siswa di SLB B YAKUT Purwokerto pada Selasa, 19 Juli 2022 di SLB B Yakut Purwokerto.

Dosen UNSOED Lakukan Simulasi Aplikasi Permainan Edukasi bagi Siswa Tuna Rungu Wicara di SLB B YAKUT Purwokerto
Dosen UNSOED Lakukan Simulasi Aplikasi Permainan Edukasi bagi Siswa Tuna Rungu Wicara di SLB B YAKUT Purwokerto (istimewa/unsoed)

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber yakni: Yogiek Indra Kurniawan, S.T., M.T atas paparannya mengenai “Pengembangan Website dan Media Pembelajaran bagi siswa tuna rungu”.

Uki Hares Yulianti, S.Pd., M.Pd. paparannya mengenai “Peningkatan Literasi Media bagi Guru dan Siswa Tuna Rungu”.

Serta Nadia Gitya Yulianita, S.Pd., M.Li. mengenai “Penerjemahan Berita Bahasa Inggris”.

Rangkaian kegiatan ini mendapat apresiasi yang luar biasa baik dari guru maupun siswa SLB. Kepala Sekolah di SLB B Yakut Purwokerto, Netti Lestari, S.Pd beserta Guru dan siswa mengharapkan kegiatan pengabdian ini masih bisa berkelanjutan.

“Berharap kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang lain juga dapat dilakukan demi kemajuan dan kepentingan Bersama," ungkap Netti Lestari, S.Pd.

#unsoedmajuterus

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved