Berita Batang

Hari Rabies Sedunia, Pemkab Batang Sediakan 100 Dosis Vaksin Rabies Gratis

Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) menggelar vaksinasi rabies gratis

Penulis: dina indriani | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Dina Indriani
Dokter hewan Puskeswan Batang, Laorizia saat menyuntikkan vaksin rabies pada salah satu kucing milik warga, Kamis (29/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) menggelar vaksinasi rabies gratis dalam rangka memperingati hari rabies sedunia.

Masyarakat yang memiliki peliharaan hewan bisa langsung datang ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Jalan Gajah Mada, Batang.

"Ini merupakan program rutin tiap tahunnya dalam memperingati hari rabies sedunia, untuk tahun ini kita sediakan 100 dosis bisa untuk kucing, anjing dan kera," tutur Dokter Hewan di Puskeswan Batang, Laorizia F D, Kamis (29/9/2022).

Adapun syarat untuk vaksinasi rabies gratis antara lain warga ber-KTP Batang, umur hewan peliharaan minimal enam bulan, sehat, tidak bunting.

Minimal 3 hari, jeda waktu setelah mandi, minimal 2 minggu setelah pasca sakit, minimal 2 bulan setelah vaksin tahunan.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi rabies gratis ini dilakukan dua hari yakni 29 dari pukul 09.00 - 12.00 WiB dan 30 September dari pukul 09.00 - 11.00 WIB," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, vaksinasi rabies ini dilakukan untuk pencegahan terjadinya virus rabies yang bisa menular ke manusia.

"Sebenarnya ini sebagai pencegahan, dan yang jelas agar tidak ada letupan kasus kejadian (outbreak) penularan rabies, karena ini sifatnya bisa menular ke manusia," jelasnya.

Untuk di Kabupaten Batang sendiri, lanjut dia masuk dalam kategori aman dan bebas rabies.

"Alhamdulillah di Batang kategori aman, bebas rabies, untuk suspek memang ada beberapa anjing yang terkena kami langsung lakukan pengambilan spesimen untuk dikirim ke balai besar, meski begitu kondisinya masih aman bebas rabies," imbuhnya.

Salah satu warga Bakalan Batang, Dewi Irmawanti sangat menyambut positif dengan adanya vaksinasi gratis tersebut.

Pasalnya, jika vaksinasi dilakukan secara mandiri juga membutuhkan biaya yang cukup mahal apalagi dia mempunyai tiga ekor kucing.

"Alhamdulillah sangat senang ya afa vaksinasi gratis, kalau mandiri kan lumayan mahal, saya pelihara tiga ekor kucing belum perawatan lainnya, program gratis ini sangat membantulah,"pungkasnya.(din) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved