Berita Karanganyar

Pengacara Kades Berjo Ajukan Surat Penangguhan Penahanan ke Kejari Karanganyar

Pengacara, Ari Santoso mengajukan penahanan terhadap kliennya Kades Berjo, Suyatno kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Kades Berjo, Suyatno masuk ke dalam mobil Kejari Karanganyar setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan BUMDes untuk selanjutnya ditahan Rutan Solo, Selasa (27/9/2022) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pengacara, Ari Santoso mengajukan penahanan terhadap kliennya Kades Berjo, Suyatno kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar.

Seperti diketahui bersama, pihak Kejari Karanganyar menahan Kades Berjo setelah dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan BUMDes Berjo pada Selasa (27/9/2022). Kades aktif tersebut ditahan di Rutan Kelas IA Solo. 

Ari Santoso menyampaikan, surat penangguhan penahanan tersebut telah dikirim ke Kejari Karanganyar pada Rabu (28/9/2022) kemarin. Surat penangguhan tersebut dilayangkan ke Kejari Karanganyar sesuai dengan permintaan dari Kades Berjo

"Iya kemarin kita ajukan (surat penangguhan penahanan), untuk Pak Yatno, kades," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (29/9/2022). 

Saat ditanya terkait alasan penangguhan penahanan, lanjutnya, Kades Berjo tidak menyampaikan alasannya. Hanya saja pada intinya, Suyatno mengajukan penangguhan penahanan ke Kejari Karanganyar.

Sementara itu tersangka lainnya kasus dugaan korupsi pengelolaan BUMDes Berjo, Mantan Dirut BUMDes Berjo Tahun 2020, Eko Kamsono akhirnya tidak mengajukan penangguhan penahanan ke Kejari Karanganyar

"Hasilnya kita menunggu dari Kejaksaan apakah dikabulkan atau tidak (penangguhan penahanan terhadap Kades Berjo)," ucapnya. 

Terpisah, Kasi Pidsus Kejari Karanganyar, Tubagus Gilang Hidayatullah mengatakan, Kades Berjo dan Mantan Dirut BUMDes Berjo saat ini ditahan di Rutan Kelas IA Solo. Pihak Kejari telah menerima surat pengajuan penangguhan penahanan dari pengacara Kades Berjo

"Iya sudah diterima kemarin. Akan dikaji dulu apakah nanti dikabulkan atau tidak," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Pihak Kejari Karanganyar telah menetapkan Kades Berjo dan Mantan Dirut BUMDes Berjo sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan BUMDes pada tahun 2020 pada Kamis (15/9/2022). Keduanya saat ini telah ditahan setelah menjalani proses pemeriksaan sebagai tersangka di Kejari Karanganyar.

Adapun kerugian negara akibat dugaan penyalahgunaan pengelolaan BUMDes Berjo tersebut setelah dilakukan audit sebesar Rp 1,16 miliar. Kerugian tersebut berasal dari mark-up pengembangan kawasan wisata Telaga Madirda berupa pembangunan kolam renang, lahan parkir, dan lainnya serta untuk kepentingan pribadi yang bersangkutan. (Ais).

Baca juga: Mulai 3 Oktober, Pemberi Uang ke Anak Jalanan dan PGOT di Semarang Kena Sanksi, Langsung di Lokasi

Baca juga: Amber Heard Ditawari Main Film Porno untuk Lunasi Hutang Kepada Johnny Depp Mantan Suaminya

Baca juga: Polisi Bongkar Isi Laporan KDRT Lesti Kejora, Pelaku Rizky Billar, Harus Visum

Baca juga: Mengenal Corak Batik Asli Banyumas di Galeri Batik Hadipriyanto, Sudah Ada Sejak Tahun 1957

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved