Berita Blora

Gelar Layanan Pasang Alat Kontrasepsi Gratis di Rumkit DKT Blora pada Hari Kontrasepsi Dunia

Ratusan ibu muda rela antre untuk dapatkan pelayanan pasang alat kontrasepsi gratis.

Penulis: ahmad mustakim | Editor: sujarwo
TRIBUNMURIA/AHMAD MUSTAKIM
Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo berdialog dengan calon akseptor Di Rumkit DKT Blora. 

TRIBUNMURIA.COM, BLORA – Ratusan ibu muda rela antre untuk mendapatkan pelayanan pasang alat kontrasepsi gratis di Rumah Sakit Pembantu Detasemen Kesehatan Tentara (Rumkit Ban DKT) yang beralamat di Jalan dr. Soetomo 45 Blora.

Pelayanan KB Serentak ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia dan pelaksanaan program TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu tahun 2022 di seluruh wilayah Teritorial Militer Kodam IV Diponegoro

Termasuk Kodim 0721/Blora, yang bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Blora, pada Kamis (29/9/2022).

Komandan Kodim 0721/Blora, Letkol Inf. Andi Soelistyo mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka melaksanakan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan dan sekaligus memperingati Hari Kontrasepsi Dunia. 

Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo berdialog dengan calon akseptor Di Rumkit DKT Blora.
Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo berdialog dengan calon akseptor Di Rumkit DKT Blora. (TRIBUNMURIA/AHMAD MUSTAKIM)

"Kami melaksanakan alat kontrasepsi KB, baik itu implan, IUD maupun spiral, adalah bertujuan untuk mewujudkan misi keluarga berencana, yaitu keluarga yang terencana dengan baik dan sejahtera" terang Letkol Inf. Andi Soelistyo kepada tribunmuria.com.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Blora, Lucius Kristiawan, menyampaikan keberhasilan program pengendalian penduduk di Blora, dengan banyaknya warga yang menjadi akseptor KB, bahkan terbesar keempat di Jawa Tengah.

Sesuai data yang dirilis oleh OPD terkait, Kabupaten Blora telah mencapai lebih dari 8000 akseptor KB, atau telah tercapai 84 persen lebih. 

"Saat ini tingkat keberhasilan pelaksanaan KB Kabupaten Blora, berada di posisi keempat tersukses se Jawa Tengah, dengan jumlah akseptor 8000 lebih, atau 84 % lebih dan akan terus diupayakan segera tercapai 100 % pada tahun ini" ungkapnya. 

Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo berdialog dengan calon akseptor di Rumkit DKT Blora.
Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo berdialog dengan calon akseptor di Rumkit DKT Blora. (TRIBUNMURIA/AHMAD MUSTAKIM)

Kepala Rumkit Ban DKT Blora, Lettu CKM dr. Bambang, menjelaskan jumlah peserta atau akseptor yang mengikuti pelayanan KB serentak di fasilitas kesehatan milik Detasemen Kesehatan Tentara ini, berkat kerjasama dengan Puskesmas dan Kodim 0721/Blora serta Persit Kartika.

"Jumlah akseptor yang kami layani hari ini adalah 110 akseptor, yang akan melakukan bongkar dan pemasangan alat kontrasepsi, seperti implant, IUD dan spiral, dan dilaksanakan dalam sehari ini, dengan durasi 8 menit per akseptor, untuk mensukseskan program Pemerintah yaitu dua anak cukup," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved