Berita Kudus

Kudus Pernah Punya Bupati 'Merah'

Kabupaten Kudus dalam sejarahnya pernah ada seorang bupati berhaluan komunis.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
www.itoday.co.id
Ilustrasi. Pemkab Kudus 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Kabupaten Kudus dalam sejarahnya pernah ada seorang bupati berhaluan komunis. Bupati tersebut bernama Rusman.

Solichin Salam dalam bukunya berjudul Kudus Selayang Pandang menuliskan, bahwa Rusman diangkat sebagai bupati bersamaan dengan tragedi pemberontakan di Madiun. Saat itu Kudus di bawah kendali PKI (Partai Komunis Indonesia).

Pada saat yang sama, jabatan Residen Pati diangkat oleh PKI. Residen tersebut bernama Dokter Wiroreno.

Selama masa pendudukan PKI, tulis Solichin Salam, di Kudus ada dua tokoh yang dibunuh. Dua tokoh tersebut dari PNI dan Masyumi masing-masing adalah Dokter Loekmono Hadi seorang dokter di rumah sakit Kudus dan Rachmat seorang asisten wedono (camat) Kota Kudus.

"Setelah jenazah mereka (Loekmono Hadi dan Rachmat) ditemukan dilakukan upacara pemakaman dengan kebesaran militer," tulis Solichin Salam.

Ditengarai pendudukan PKI di Kudus ini terjadi pada 1948. Seiring berjalannya waktu kemudian pada 21 Oktober 1948 Kudus berhasil dibebaskan kembali dari kekuasaan PKI oleh TNI AD dari Divisi Siliwangi di bawah pimpinan Mayor Kosasih.

Pasukan Siliwangi ini juga menangkap gembong PKI yakni Mr. Amir Syarifuddin dan Drs Suripto di daerah Klambu (Grobogan). Keduanya dibawa ke Kudus untuk ditahan selama tiga hari. Setelahnya dibawa ke Yogyakarta menggunakan kereta api dari Kudus.

"Selain pasukan Siliwangi ikut pula memasuki Kota Kudus pasukan ex Hizbullah di bawah pimpinan Mayor Basyuno," begitu tulis Salam.

Saat pasukan Siliwangi masih bercokol di Kudus, ex Residen Pati yang diangkat PKI Dokter Wiroreno dihukum dengan tembak mati di Alun-alun Kudus oleh regu tembak dari Siliwangi. Dan jasadnya dimakamkan di Mlati, Kudus. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved