Pelaku Otomotif Sambut Positif Rencana Subsidi Pembelian Kendaraan Listrik di 2023

insentif yang digelontorkan pemerintah dinilai akan mempermudah dan mempercepat pengembangan kendaraan listrik di dalam negeri.

Editor: Vito
IST
ilustrasi kendaraan listrik 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) mulai tahun depan, sebagai upaya mencapai target populasi 2,5 juta pengguna EV pada 2025.

Menanggapi hal itu, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto menyatakan, para pelaku industri otomotif nasional pada dasarnya menyambut positif hal itu.

Ia menyebut, insentif yang digelontorkan pemerintah dinilai akan mempermudah dan mempercepat pengembangan kendaraan listrik di dalam negeri.

“Kami menyambut baik insentif yang sedang diwacanakan pemerintah,” ucapnya, Selasa (11/10).

Namun, Jongkie enggan menguraikan insentif-insentif seperti apa saja yang masih dibutuhkan pemain otomotif Indonesia dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik saat ini.

Adapun, Ahmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile (DFSK), menyampaikan, secara umum DFSK mendukung rencana pemerintah memberikan insentif berupa subsidi pembelian kendaraan listrik.

Dukungan itu diyakini dapat meningkatkan minat dan mempermudah masyarakat dalam memiliki kendaraan listrik. Saat ini, DFSK memasarkan DFSK Gelora E yang menjadi satu-satunya kendaraan listrik komersial ringan di Indonesia.

“Tingkat penerimaan DFSK Gelora E cukup baik, baik di perusahaan logistik maupun transportasi umum seperti armada Jaklingko yang menjadi bagian dari Transjakarta,” jelasnya, Selasa (11/10).

Adapun, rencana pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik itu diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, seperti dikutip kantor berita Bloomberg.

Menurut dia, pemerintah sedang menentukan besaran subsidi dan bagaimana mekanisme pemberian subsidi yang tepat.

Selain itu, pemerintah tengah mempersiapkan aturan agar pemberian subsidi bagi pembelian kendaraan listrik ini ke depan bisa menjadi game changer industri otomotif di dalam negeri. (Kontan.co.id/Dimas Andi)

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved