Berita Purwokerto

Mahasiswa Asing UMP Joged Bareng Anak-Anak dan Lengger di Desa Wisata Gerduren Banyumas

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Biro Urusan Internasional (BUI) menggelar acara Summer Course 2022

Permata Putra Sejati
Acara Summer Course 2022 yang diikuti oleh ratusan mahasiswa asing dari 16 negara di bukit pertapan Desa Gerduren, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, Kamis (10/11/2022). Terlihat mereka asik berjoged bersama anak-anak dan penari Lengger 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANYUMAS - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Biro Urusan Internasional (BUI) menggelar acara Summer Course 2022 yang diikuti oleh ratusan mahasiswa asing dari 16 negara dan juga mahasiswa PMM yang belajar di UMP. 

Acara Summer Course yang dikemas dengan nama U-Interact (UMP International Training dan Course) tersebut mengangkat tema ‘Banyumas Culture and Heritage’. 

Acara tersebut dilaksanakan di bukit pertapan Desa Gerduren, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, Kamis (10/11/2022).

Bahkan dalam kesempatan tersebut sejumlah mahasiswa asing terlihat berjoged bersama manarikan tarian Lengger.

Kepala Biro Urusan Internasional Asst Prof Condro Nur Alim Ph D mengatakan Summer Course ini suatu bentuk upaya mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG’s).

Summer course dengan tema budaya Banyumas ini adalah salah satu cara memperkenalkan budaya Banyumas seperti Lengger dan Batik.

Menurut ia, budaya dapat memberikan banyak perspektif berpikir secara kritis dan meningkatkan pemahaman lintas budaya yang sangat penting untuk mewujudkan haromi sosial. 

"Kita mempelajari tentang budaya dari berbagai masyarakat terutama Budaya Banyumas. 

Itu berarti kita mendapat pengalaman kultural baru yang memperluas perspektif berpikir secara kritis dan apresiatif," katanya kepada Tribunbanyumas.com.

Lebih Lanjut ia juga menjelaskan keterkaitan budaya dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) yaitu dengan mengembangkan budaya dapat meningkatkan kesejahteraan manusia yang ada di sekitar.
 
Salah satu mahasiswi S2 asing Asal Tajikistan S2 Pendidikan Bahasa Ingris UMP Munisa (24) mengatakan sangat senang bisa berbaur dan belajar budaya Banyumasan.

"Saya sangat senang dengan seni Ebeg atau kuda lumping, menarinya lincah dan kostumnya warna-warni," ungkapnya. (jti)

Baca juga: Dari Posisi Striker Digeser Jadi Bek Kanan, Ini Respons Pemain Muda PSIS Semarang

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, SLB Ceria Mandiri Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Wira Bhakti Blora

Baca juga: Hari Pahlawan, Wali Kota dan Forkopimda Kota Tegal Tabur Bunga di Pelabuhan

Baca juga: KPU Karanganyar Mulai Persiapan Perekrutan PPS dan PPK

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved