Berita Sukoharjo

KPU Sukoharjo Segera Rekrut PPK dan PPS, Pendaftaran Pakai Aplikasi

KPU Sukoharjo bakal membuka pendaftaran badan Adhoc,  yakni untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
KPU Sukoharjo bakal membuka pendaftaran badan Adhoc, yakni untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO- KPU Sukoharjo bakal membuka pendaftaran badan Adhoc,  yakni untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Panitia Pemilihan Kecamatan adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk melaksanakan Pemilu dan Pemilihan di tingkat kecamatan.

Sementara Panitia Pemungutan Suara (PPS) adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan di tingkat kelurahan/desa.

Pada Pemilu dan Pemilihan (Pilkada) sebelumnya, pendaftaran badan adhoc dilakukan secara manual. Proses pendaftaran masih dilakukan secara tatap muka, datang ke titik pendaftaran baru dilayani. 

Berbeda dengan model pendaftaran kali ini yang bisa dilakukan secara online. 

"Kali ini pendaftaran badan adhoc di jajaran KPU pada Pemilu 2024 akan dilakukan secara online, direncanakan menggunakan SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc)," kata Komisioner KPU Sukoharjo Suci Handayani, Senin (14/11/2022). 

SIAKBA adalah aplikasi berbasis website yang membantu proses dalam administrasi anggota KPU dan badan adhoc.

SIAKBA digunakan untuk pendaftaran mandiri calon anggota PPK dan PPS dengan mengisi data pendaftaran dan mengunggah persyaratan secara digital. 

"Artinya siapapun calon yang berminat harus buat akun SIAKBA untuk melakukan apply dokumen," katanya

SIAKBA dapat dioperasikan oleh pengguna yang telah terdaftar dalam sistem. Pemanfaatan teknologi informasi melalui SIAKBA ini menjadi program prioritas KPU dalam menyiapkan database penyelenggara. 

Ini diharapkan lebih memudahkan dalam merekrut anggota PPK dan PPS yang kompeten.

Adapun cara mendaftarnya sebagai berikut:

Pertama, mengunjungi situs: https://siakba.kpu.go.id , pendaftar membuat akun SIAKBA dengan memasukkan nama, email, NIK, password. 

Kedua, melakukan aktivasi akun SIAKBA melalui link yang telah dikirimkan melalui email. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved