Nasional

NasDem Bela Anies Baswedan, Gus Choi: Yang Main Politik Identitas Itu Ahok

Partai NasDem pasang badan membelas Anies Baswedan terkait politik identitas saat Pilkada DKI 2017. 

Editor: olies
Istimewa/Tribunnews.com
Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choirie 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Partai NasDem pasang badan membelas Anies Baswedan terkait politik identitas saat Pilkada DKI 2017.  Partai besutan Surya Paloh ini bahkan menuding jika politik yang berpotensi memecah belah sesama anak bangsa itu justru dimainkan kubu Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Tudingan kepada ANies Baswedan ini salah satunya dilontarkan oleh  aktivitis dan politisi , Ferdinand Hutahaen. Eks pengurus Partai Demokrat itu menanggapi soal masuknya nama Anies Baswedan menjadi calon presiden yang diusung dari Partai NasDem.

Ferdinand Hutahaen menuding Anies Baswedan punya jejak kotor politik identitas. Menurutnya, wujud kecintaan kepada Indonesia bisa diwujudkan melalui cara mencalonkan negarawan yang berpikir dan berbuat untuk membenahi bangsa. Bukan mencalonkan orang dan sosok yang punya jejak politik yang kotor dengan politik identitas. 

Menurut Ferdinand Hutahaen, politik identitas yang semakin memanas dan kian menghangat berpotensi menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Ujung dari proses itu akan terjadi benturan konflik horizontal di tengah masyarakat. 

Ketua DPP Partai Nasdem, Effendi Choirie atau Gus Choi menyampaikan bahwa Anies Baswedan tidak pernah bermain politik identitas saat Pilkada DKI Jakarta.

Sebaliknya, lawan politiknya Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang dituding bermain politik identitas.

"Yang main politik identitas itu Ahok bukan Anies. Ahok ngutip surat Almaidah ayat 50, padahal non muslim," kata Gus Choi panggilan akrab Effendi Choirie dilansir dari Tribunnews.com.

Baca juga: Jamin Keamanan dan Kenyamanan Muktamar Muhammadiyah di Solo, Kapolda Cek Kesiapan Personel

Baca juga: Begini Nasib Akun Instagram Penghina Dewi Perssik, Polisi Terapkan Dua Pasal UU ITE

Baca juga: Mahfud MD Gelar Pertemuan Tertutup Dengan Ganjar di Sela Halaqoh Kebangsaan Unwahas.

Effendi menuturkan bahwa pernyataan Ahok itu pun mengundang reaksi pendukung Anies Baswedan. Dia bilang, bakal calon presiden yang diusung NasDem tidak pernah mengutip ayat agama.

"Aksi Ahok itu kemudian direaksi oleh pendukung Anies. Anies enggak pernah ngutip ayat-ayat agama dalam kampanye. Biang keroknya Ahok. Tapi Anies yang dituduh. Kok aneh," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Politikus NasDem Effendi Choirie: Yang Main Politik Identitas itu Ahok, Bukan Anies, https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2022/11/14/politikus-nasdem-effendi-choirie-yang-main-politik-identitas-itu-ahok-bukan-anies.

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved