PAN Pastikan Tak Dukung Anies di Pilpres 2024

pendukung Anies yang tergabung dalam Relawan Anies, yang meminta PAN mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres, bukan merupakan sikap partainya.

Editor: Vito
PAN Pastikan Tak Dukung Anies di Pilpres 2024
istimewa
PAN

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi membantah partainya disebut mendukung Anies Baswedan sebagai capres di 2024.

Hal itu diungkapkan merespon deklarasi Relawan Amanat Indonesia (Anies), sebagai entitas yang menjembatani aspirasi konstituen PAN terhadap pengurus PAN, yang mendukung ]Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024, sekaligus meminta PAN mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut dia, pendukung Anies yang tergabung dalam Relawan Anies tersebut bukan merupakan sikap partainya.

"Mereka mendeklarasikan diri sebagai relawan adalah atas nama sikap pribadi. Mereka tidak mewakili institusi PAN," katanya, dalam keterangannya, Kamis (24/11).

Ia berujar, beberapa di antara para relawan tersebut tak lagi menjadi kader PAN, hingga bergabung dengan parpol lain. "Karena mereka sudah tidak aktif lagi di PAN, atau bahkan ada yang sudah keluar dari PAN karena bergabung dengan partai politik lain," jelasnya.

Terkait dengan pilpres 2024, Viva menegaskan, partainya telah memberikan kewenangan kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, termasuk dalam konteks pengusungan capres dan cawapres.

Dia menambahkan, dalam rapat kerja nasional (Rakernas) PAN 2020 terdapat sembilan nama bakal capres dan cawapres yang akan diusung oleh PAN.

"Salah satunya adalah Mas Anies Baswedan, selain Mbak Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir, juga Bang Zulkifli Hasan, dan Pak Airlangga Hartarto," paparnya.

Viva menuturkan, nama-nama tersebut akan dibawa dan diputuskan ke forum Rapimnas PAN. Lalu, hasilnya akan dibawa ke KIB untuk ditetapkan sebagai pasangan capres-cawapres dari KIB.

"Kapan KIB akan memutuskan? Mohon ditunggu dengan kesabaran, karena jadwal pendaftaran juga masih lama, September 2023," terangnya.

Seperti diketahui, hingga kini KIB belum belum menentukan figur capres-cawapres yang akan diusung dalam pilpres 2024. Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani menyebut, kandidat capres dari KIB masih dalam pertimbangan.

Ia pun menyinggung soal Silatnas KIB di Makassar beberapa minggu lalu bahwa KIB juga akan mempertimbangkan kader-kader partai dari KIB sebagai tokoh yang bakal diusung.

"Ini artinya ketiga partai KIB terbuka mempertimbangkan sosok internal, termasuk Pak AH (Airlangga Hartarto) sebagai Ketum Partai Golkar," katanya, kepada wartawan, Senin (21/11).

Wakil Ketua MPR RI itu menuturkan, pembicaraan soal capres di KIB akan dimulai setelah peluncuran program PATEN KIB. "Namun ini tidak berarti bahwa KIB menutup sosok-sosok yang berasal dari luar KIB," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved